Politik

Perludem: Penyelenggara Pemilu Gagap Saat Hadapi Soal Pemilu di Luar Negeri 

Perludem: Penyelenggara Pemilu Gagap Saat Hadapi Soal Pemilu di Luar Negeri  Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi ( Perludem), Titi Anggraini (foto: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)
Senin, 15 April 2019 - 20:41

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini menilai, penyelenggara pemilu 2019 gagap dalam menghadapi berbagai beban besar penyelenggaraan pemilu di luar negeri.

Menurut Anggraini, hal itu semua bisa dilihat pasca kejadian dugaan penyalahgunaan hak suara oleh oknum penyelenggara pemilu di Malaysia.

Dia mengimbau agar KPU RI dan Bawaslu RI menjadikan kasus tersebut tidak terjadi lagi di dalam negeri. Sehingga pemilu 2019 bisa berjalan sesuai rakyat Indonesia. 

"Tentang kejadian pemilu luar negri ya, yang kita sayangkan bahwa penyelenggara pemilu kita seperti gagap menghadapi beban yang baru, beban besar yang mereka hadapi dalam pemilu 2019. Tetapi mestinya ini tidak terulang di dalam negri," kata Titi Anggraini di Ammarin Restauran, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

Kemudian, dengan temuan dugaan kecurangan surat suara tercoblos di Malaysia beberapa hari yang lalu. Titi menyarankan Bawaslu RI segera melakukan evaluasi terkait kejadian tersebut dan melakukan berbagai antisipasi.

Hal serupa juga dimungkinkan terjadi di sejumlah negara lain. Dan yang tidak kalah penting adalah pada 17 April 2019 nanti, hal kekisruhan pemilu serupa tidak terjadi di dalam negeri. 

"Di luar negeri menurut saya harus dievaluasi sehingga kemudian bisa diketahui akar masalahnya dimana dan jangan sampai bahwa kemudian ada pemilih yang tercederai hak pilihnya padahal dia sudah berhak dan sudah mematuhi semua prosedur yang ada," tegas Direktur Perludem ini.(*)

Jurnalis : Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration