Ekonomi

TransJakarta Siap Uji Coba Bus Listrik dalam Skala Besar

TransJakarta Siap Uji Coba Bus Listrik dalam Skala Besar Bus Listrik TransJakarta Produksi PT MAB (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Senin, 15 April 2019 - 18:13

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Operasional TransJakarta Daud Joseph mengatakan TransJakarta siap uji coba Bus Listrik secara skala besar. Sebab, ia mencontohkan moda transportasi yang diklaim ramah lingkungan tersebut telah banyak digunakan oleh negara-negara lain.

Uji coba tersebut akan dilangsungkan pihaknya berjalan selama 6 bulan ke depan. Namun, jika hasil uji coba selama 6 bulan tidak menunjukan hasil memuaskan akan diperpanjang hingga 12 bulan. 

"Jadi gini adalah teknologi yang setelah kita lihat bersama, itu adalah teknologi yang ternyata sudah bisa dioperasikan dalam jumlah skala yang besar. Oleh karena itu kami memiliki keyakinan yang cukup baik bahwa jika di Jakarta diterapkan," ucap Daud kepada wartawan di Balaikota Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Lebih lanjut, Daud mengatakan jika hal ini terealisasi maka dibutuhkan regulasi-regulasi yang mengatut tata moda transportasi yang dinilai ramah lingkungan. Sebab, Bus Listrik yang diuji coba masih menggunakan ukuran maupun desain dari negara yang telah menggunakannya, sepert China. 

"Sekarang tahapnya adalah para pabrik untuk dapat melengkapi persyaratan-persyaratan yang diterapkan oleh negara kita. Kan setiap negara tentunya punya ketentuan yang berbeda-beda," jelasnya. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta memastikan Bus Listrik TransJakarta akan mulai uji coba pada bulan depan. Sebab, kualitas polusi udara di Jakarta kian memburuk dikarenakan gas emisi kendaraan. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration