Politik

Kotak Suara di Luar Negeri Berbahan Mika, KPU RI: Yang Penting Transparan...

Kotak Suara di Luar Negeri Berbahan Mika, KPU RI: Yang Penting Transparan... Kotak Suara RI (FOTO: Doc. TIMES Indonesia)
Senin, 15 April 2019 - 18:06

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisioner KPU RI, Ilham Saputra tidak mempersoalkan kotak suara Pemilu 2019 di luar negeri menggunkan mika dan transparan. Kotak suara tersbut sangat berbeda dengan di dalam negeri yang berbahan dasar karton.

"Oh enggak apa-apa, di luar negeri itu enggak apa-apa selama memenuhi unsur ada transparan. Itu kan enggak mungkin disamain kayak kita. Nanti bahannya enggak ada di setiap negara. Jadi yang penting adalah transparan," ujar Ilham, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Beredar foto kotak suara Pemilu 2019 di luar negeri yang digunakan berbeda dengan kotak suara di Indonesia. Salah satu negara yang menggunakan kotak suara berbeda tersebut yaitu Jepang. 

Dalam foto yang viral di media sosial tersebut, kotak suara di Jepang disebut menggunakan bahan mika. Kotak suara ini tampak transparan di semua sisinya. 

Menurut Ilham, penggunaan kotak suara di luar negeri memang mayoritas menggunakan kotak suara berbahan mika dan transparan. Sehingga tidak ada yang salah.

Iham mengatakan alasan kotak suara luar negeri tidak sama dengan yang digunakan di dalam negeri lantaran jarak untuk distribusi ke negera tujuan. "Jauh kan mesti dikirim ke Amerika Latin, enggak," imbuhnya.

Dijelas pula, bahan dasar kotak suara di luar negeri yang berbeda dengan di dalam negeri bukan disediakan KPU RI, melainkan oleh Panitia Pemolihan Luar Negeri (PPLN). "Dari PPLN, daerah yang mengadakan," tandas Ilham.(*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration