Peristiwa Daerah

Berbeda Sikap dengan Amien Rais, PP Muhammadiyah Imbau Tak Ada Mobilisasi Massa

Senin, 15 April 2019 - 16:50 | 1.05m
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (FOTO: Istimewa)
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meminta tidak ada mobilisasi massa seandainya terjadi sengketa Pemilu 2019. Muhammadiyah mengimbau polemik Pemilu sebaiknya diselesaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang sudah ada. 

"Apabila terdapat masalah atau persengketaan Pemilu, maka semua pihak dapat menyelesaikan persoalan secara konstitusional sesuai perundang-undangan yang berlaku," tegas Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

PIhaknya meminta warga Muhammadiyah hendaknya menghindari sejauh mungkin usaha-usaha mobilisasi massa, provokasi, dan aksi-aksi politik yang dapat menimbulkan ketegangan, konflik horizontal maupun vertikal, dan anarki yang merugikan kehidupan bersama.

Haedar juga mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk menghargai perjuangan para pendiri bangsa dan bersama menjaga agar Indonesia tetap menjadi negara yang utuh. Dikatakan Haedar, jangan sampai pemilu memecah belah persatuan bangsa. 

"Indonesia yang telah diperjuangkan oleh para patriot dan pendiri bangsa dengan segala pengorbanan jiwa-raga harus dijaga bersama dari segala kondisi dan tindakan yang merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Haedar.

Haedar menambahkan, bagi para calon yang nantinya kalah yang artinya belum mendapat mandat dari rakyat, diharapkan bisa menerima kenyataan dengan lapang hati. 

"Bagi yang kalah atau yang belum memperoleh mandat, itu terimalah dengan lapang hati, kesyukuran. Kenapa syukur? siapa tahu amanat itu jadi beban yang berat dan juga dengan sabar dan tawakal," imbuhnya. 

Namun begitu, Haedar meyakini situasi akan tetap kondusif pasca Pemilu 2019. Menurutnya, masyarakat akan bijak menyikapi pemilihan umum. "Insyaallah saya percaya semua kekuatan bangsa akan menerima hasil Pemilu dengan baik cerdas dan jiwa kenegarawanan," pungkas Haedar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES