Kesehatan

Ingin Camilan Sehat? Yuk Konsumsi Makanan Sehat Ini

Senin, 15 April 2019 - 05:22 | 163.13k
Camilan sehat. (FOTO: Hello Sehat)
Camilan sehat. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ngemil atau makan camilan adalah kegiatan mengonsumsi makanan dan minuman di luar waktu makan besar seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. Mengemil tidaklah selalu buruk dan berhubungan dengan obesitas. Anda bisa memilih makanan sehat agar tidak berdampak buruk untuk tubuh. Apa saja camilan sehat yang bisa kita konsumsi?

Camilan yang sebaiknya Anda pilih tentunya harus yang bernutrisi. Berikut ini beragam camilan sehat yang bisa Anda konsumsi, dilansir dari Klik Dokter.

1. Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang sangat bernutrisi dan sehat. Kedua asupan ini punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kaya akan vitamin serta mineral.

Kandungan serat yang tinggi pada sayur dan buah juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan mengemil. Buah dan sayur yang sering dijadikan cemilan antara lain pisang, apel, jeruk, kiwi, brokoli, dan tomat.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan camilan yang aman dan sehat dikonsumsi. Kelompok makanan ini mengandung protein yang tinggi yang bernutrisi bagi tubuh.

Selain itu, mereka juga mengandung lemak yang sehat, serta vitamin dan mineral. Dalam kelompok ini, Anda dapat mengonsumsi biji chia, biji wijen, biji flax, biji bunga matahari, kacang almon, mede, pistachio, dan hazelnut.

3. Susu

Susu termasuk asupan camilan penting, terutama bagi anak dan ibu hamil, yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Kandungan kalsium dalam susu juga baik untuk pertumbuhan tulang. Untuk anak-anak dan ibu hamil dapat mengonsumsi susu penuh lemak.

Lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sang anak dan sang janin. Sementara Anda yang dalam kondisi normal, dapat mengemil susu rendah lemak.

4. Produk olahan susu

Produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt, juga merupakan camilan yang sehat dan aman dikonsumsi. Keju mengandung asam amino yang lengkap sehingga berperan dalam sintesis protein untuk membangun jaringan otot dan metabolisme sel tubuh dan tulang.

Keju juga mengandung protein yang cukup tinggi. Adapun, yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang difermentasi, tapi tetap kaya akan nutrisi. Yoghurt mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Yoghurt juga mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik untuk sistem pencernaan.

Kebiasaan ngemil tidak selalu berdampak negatif pada tubuh. Sebaiknya pilih makanan sehat sebagai camilan Anda agar tubuh tetap sehat. Mengonsumsi camilan sehat bahkan dapat mengurangi nafsu makan Anda sehingga terhindar dari obesitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES