Peristiwa

Gelar Khataman Alqur'an Serentak, Cak Imin: Tonggak Persatuan Bangsa

Minggu, 14 April 2019 - 18:11 | 93.45k
Inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar (FOTO: Fahri Haidar For TIMES Indonesia)
Inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar (FOTO: Fahri Haidar For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Inisiator Nusantara Mengaji, H. A. Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menggelar Khataman Alqur'an secara serentak se-Indonesia saat puncak acara Nusantara Bertauhid. Acara ini merupakan tonggak kekuatan iman dan persatuan bangsa.

Cak Imin menilai banyak perpecahan sesama saudara sebangsa bahkan sesama umat yang terjadi di beberapa negara, bukan tidak mungkin akan timbul di Indonesia. Untuk itu dia bersama jajarannya mendoakan agar kondisi bangsa tetap tetap rukun, damai dan aman.

"Di beberapa negara lain, di Libya hingga terakhir terjadi kekerasan di New Zealand. Maka mudah-mudahan dengan Khataman Alqur'an ini, kengerian tersebut tidak sampai terjadi di sini (tidak terjadi perpecahan)," ujarnya di Masjid Sunan Ampel, Surabaya, minggu (14/04/2019).

Menurut Cak Imin, potensi perpecahan ini sangat mungkin timbul akibat persaingan selama masa pemilu. Wakil ketua MPR RI pun menegaskan untuk lebih mengedepankan kebersamaan dan persatuan.

"Sekeras apapun persaingan dalam politik hanya sarana dan alat sebagai upaya menuju baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur. Tidak ada persaingan yang harus terus dipertahankan. Karena kebersamaan dan persatuan lebih utama," katanya.

Di lokasi yang sama, ketua Kornas Nusantara Mengaji, H. Jazilul Fawaid mengatakan bahwa selain di Sunan Ampel, Surabaya, puncak Khataman Alqur'an Nusantara Bertauhid ini juga dipusatkan di Aceh dan Papua. 

Di tiga tempat ini, kata Jazil, kegiatan Khataman Alqur'an diharapkan menjadi tonggak perekat persatuan.

"Sebelumnya kita telah mengadakan Khataman Alqur'an di Makam Syekh Quro, Karawang, kemudian di kesultanan Banten, Pondok Tahfidzul Qur'an Yanbuul Quran, Kudus, dan kini kita melaksanakan khataman Alqur'an serentak se-Indonesia," kata Jazil.

"Hari kita mengadakan Khataman Alqur'an hampir di seluruh wilayah di Indonesia yang dipusatkan di tiga titik, yakni Aceh, Surabaya, dan Papua. Mudah-mudahan di tiga tempat ini menjadi tonggak kekuatan keimanan serta kekuatan persatuan bangsa," ujar anggota DPR RI Dapil Lamongan-Gresik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES