Peristiwa Daerah

Bawaslu dan Sapol PP Banyuwangi Copoti APK Pemilu

Minggu, 14 April 2019 - 15:14 | 66.73k
Kegiatan Pencopotan APK di Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Kegiatan Pencopotan APK di Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Memasuki masa tenang pemilu 2019, Bawaslu bersama Satpol PP  Banyuwangi merapikan semua APK (alat peraga kampanye) yang ada di ruang publik. Hingga sore ini, nampak sejumlah jalanan di Bumi Blambangan telah bersih dari atribut partai maupun banner caleg maupun capres, Minggu (14/4/2019).

Kegiatan pembersihan APK tidak hanya dilakukan disepanjang jalan protokol kota Banyuwangi saja. Namun, juga dilakukan menjangkau daerah-daerah pelosok kelurahan/desa/kecamatan.

Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi, Anang Lukman, mengatakan pembersihan APK maupun atribut  kampanye lainnya akan dilakukan selama tiga hari kedepan. 

Kegiatan ini sebagai pencerminan dalam menegakkan keadilan Pemilu, khususnya Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Regulasi sudah jelas, pada masa hari tenang tidak boleh ada satupun APK yang masih terpasang, Bawaslu sudah menyurati setiap Parpol peserta Pemilu untuk membersihkan APK maupun Bahan kampanye. Tiga hari kedepan semua APK harus bersih,“ kata Anang.

Sterilnya wilayah Banyuwangi, lanjutnya, dari alat peraga kampanye pemilihan umum, pada masa tenang ini, selain adalah tanggung jawab Bawaslu juga semua pihak termasuk dari partai politik dan calon legeslatif peserta pemilu itu sendiri.

“Semua sudah kami himbau, masa tenang pemilu untuk melepas APK dan bahan kampanye,” pungkasnya.

Tidak hanya merapikan APK saja, termasuk kegiatan kampanye di media sosial, cetak maupun elektronik menjelang masa tenang juga dilarang, Bawaslu Banyuwangi sudah berkerjasama dengan Kominfo memantau pergerakan kampanye di dunia digital. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES