Kesehatan

Jarang Disadari, Ini Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai Wanita

Minggu, 14 April 2019 - 07:14 | 971.25k
Ilustrasi - Gejala stroke pada Wanita (FOTO: thinkstockphotos.com)
Ilustrasi - Gejala stroke pada Wanita (FOTO: thinkstockphotos.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Serangan stroke sering terjadi secara tiba-tiba. Hal ini karena kebanyakan stroke tidak menunjukkan gejala awal yang begitu jelas. Meski begitu, ada beberapa gejala stroke awal yang sebenarnya bisa diwaspadai sejak dini.

Dilansir dari Nakita, berikut gejala stroke pada wanita yang perlu diketahui.

1. Cegukan

Cegukan disertai nyeri di dada merupakan salah satu gejala stroke pada wanita. Namun tak banyak yang tau, jika hal ini termasuk dari tanda-tanda awal stroke.

Dari jajak pendapat yang dilakukan oleh peneliti dari The Ohio State University Wexner Medical Center, hanya 10 persen wanita mengetahui jika cegukan bisa menandakan stroke.

2. Menjadi mudah tersinggung

Gejala stroke pada wanita banyak berbeda dengan stroke yang dialami pria, bahkan cenderung tak seperti tanda-tanda stroke. Menurut riset dari University of Michigan, salah satu tanda stroke pada wanita yang paling sering terjadi ialah perubahan kondisi mental.

Bagian otak yang mengatur memori dan kepribadian wanita akan terpengaruh ketika stroke mulai timbul. Akibatnya, Anda akan mengalami perubahan secara psikis, seperti mudah tersinggung.

3. Mual

Mual dan muntah kerap diasosiasikan dengan tanda kehamilan, tetapi kondisi ini pun dapat berkaitan dengan permasalahan pada otak.

Stroke yang terjadi pada bagian otak kecil dapat mengakibatkan pusing, mual, dan muntah. Mual dan muntah juga bisa menjadi tanda dari adanya pembuluh darah yang pecah dan mengakibatkan pendarahan pada otak.

4. Sesak napas

Banyak wanita yang menganggap sesak napas dan nyeri pada dada merupakan tanda-tanda serangan jantung. Namun pada wanita, gejala itu bisa jadi stroke.

Sesak napas dapat diakibatkan ketika pangkal batang otak mengalami masalah, sehingga mengganggu kerja organ pernapasan yang diaturnya.

5. Menopause atau menstruasi lebih awal

Gaya hidup masa kini kadang mengubah kinerja hormon, sehingga cukup sering kita menemui kasus menstruasi terjadi lebih cepat dari umumnya. Atau menopause yang juga terjadi lebih cepat.

Sebuah riset membuktikan jika seorang wanita mengalami menstruasi pertama sebelum berusia 10 tahun atau menopause sebelum usia 45 tahun, risikonya terserang stroke akan lebih tinggi.

6. Migrain

Jangan remehkan jika sering mengalami migrain. Kerap alami migrain disertai pandangan yang terganggu juga tanda-tanda awal dari gejala stroke. Migrain terjadi karena aliran darah ke otak terhambat, ini dapat menyebabkan kurangnya darah yang sampai ke otak sehingga menyebabkan stroke. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES