Kopi TIMES

Menguji Ketangguhan Siwaslu Dalam Membantu Tugas Bawaslu

Menguji Ketangguhan Siwaslu Dalam Membantu Tugas Bawaslu Herdi Wijanarko, S.Pd.I (Pengawas Pemilu Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun). (Grafis: TIMES Indonesia)
Sabtu, 13 April 2019 - 07:04

TIMESINDONESIA, MADIUN – Bawaslu sebagai badan pengawas pemilu merupakan ujung tombak di dalam pesta demokrasi guna mengawal pemilu sesuai taglinenya '"Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu". Setiap upaya yang dilakukan untuk meminimalisir segala bentuk kecurangan serta pelanggaran dalam pesta demokrasi adalah hal penting yang harus dilakukan dan Bawaslu dituntut pro aktif di setiap melakukan tugas dan fungsinya. 

Kendati demikian, untuk melakukan tindak pencegahan dan penindakan pelanggaran di dalam pemilu dengan cepat dan akurat bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu Sistem Pengawasan Pemilihan Umum (Siwaslu) merupakan suatu terobosan yang digunakan untuk mempercepat kinerja Bawaslu secara, cepat tepat dan akurat. 

Siwaslu sendiri adalah suatu alat berupa perangkat lunak yang digunakan sebagai sarana informasi dalam pengawasan proses dan hasil pemungutan dan penghitungan suara serta penetapan hasil Pemilu.

Siwaslu dapat menjadi perangkat yang cepat untuk digunakan dalam membantu pekerjaan Bawaslu dalam menyampaikan informasi hasil pemungutan dan penghitungan suara.  Serta hasil pengawasan rekapitulasi suara dengan menggunakan sistem daring yang cepat dan terkonsolidasi secara nasional.

Kendati demikian penggunaan Siwaslu perlu di uji secara berkala. Tujuannya untuk memastikan tidak adanya masalah yang serius dan meminimalisir kelemahan-kelemahan yang dapat menghambat saat Siwaslu digunakan.

Meskipun belum digunakan secara serentak, pada masa percobaan masih diketemukan beberapa masalah yang perlu diperbaiki. Pengujian secara berkala pada Siwaslu juga penting untuk memastikan ketangguhannya saat digunakan dalam pengawasan maupun pelaporan. Harapannya tentu agar saat digunakan, Siwaslu dapat memberikan hasil yang maksimal dalam membantu kinerja Bawaslu.

Dengan menggunakan Siwaslu tentunya dapat menjadi alat bantu dalam melakukan tugas dan peran Bawaslu sebagai badan pengawas. Namun hal tersebut juga dapat menjadi hambatan, jika kendala ditemukan saat Siwaslu digunakan karena dapat memperlambat kinerja Bawaslu. (*)

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

Jurnalis : Yupi Apridayani
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Loading...
Registration