Politik

PT Schroder Investment Management Membantah Alirkan Dana Kampanye untuk Sandiaga Uno

PT Schroder Investment Management Membantah Alirkan Dana Kampanye untuk Sandiaga Uno Presiden Direktur PT Schroder Investment Management Indonesia, Michael Tjandra Tjoajadi. (FOTO: Medcom/Eko Nordiansyah)
Rabu, 10 April 2019 - 19:24

TIMESINDONESIA, JAKARTAPT Schroder Investment Management Indonesia, membantah telah mengalirkan dana kampanye pada salah satu paslon Pilpres 2019, yakni untuk Sandiaga Uno.

Dalam pernyataan klarifikasi yang diterima TIMES Indonesia, Rabu (10/4/2019), Presiden Direktur PT Schroder Investment Management Indonesia, Michael T Tjoajadi menegaskan, bahwa PT Schroders memiliki kebijakan global untuk tidak berkontribusi pada kegiatan politik apapun.

PT-Schroder.jpg

"PT Schroders membantah klaim bahwa Schroders ataupun anak perusahaannya telah berkontribusi dalam kampanye pemilihan Presiden dan Wakil Presiden," tegasnya.

Lebih lanjut, Michael menegaskan, jika pihaknya tidak memberikan komentar apapun mengenai individu-individu, baik mereka adalah nasabah ataupun bukan.

"Apa yang dilakukan oleh seorang individu terhadap pencairan investasinya adalah sepenuhnya hak individu tersebut untuk menentukan dan tidak memiliki keterkaitan apapun dengan Schroders ataupun anak perusahaannya," jelas Michael.

Sebelumnya, tim investigasi Komunitas Pemerhati Indonesia (KOPI), Ridwan mengatakan jika salah satu kandidat Cawapres, yakni Sandiaga Uno diduga menerima aliran dana dari tiga perusahaan asing. Salah satunya Reksadana Schroder USD Bound Found.

Hal itu disampaikan Ridwan, dalam diskusi dan konferensi pers bertajuk 'Mendeteksi Dana Kampanye Pemilu 2019' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019). Dana tersebut kata Ridwan, diduga digunakan untuk kampanye dalam Pilpres 2019.

"Dari Reksadana Schroder USD Bond Found pada tanggal 31 Oktober dan 15 November 2018 sebanyak 2 kali transaksi sejumlah USD 14.918.147, senilai Rp 223.052.454.262," papar Ridwan.

Selain itu, Ridwan juga menyebutkan jika PT Schroder Investment Management Indonesia merupakan perusahaan manajer investasi yang 99 persen sahamnya dimiliki oleh Grup Schorders dan berpusat di Inggris. (*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration