Sabtu, 20 April 2019
Gaya Hidup

Tips Memilih Ikan Segar Berkualitas Tinggi

Tips Memilih Ikan Segar Berkualitas Tinggi ILUSTRASI - Ikan Segar. (FOTO: Hello Sehat)
Selasa, 09 April 2019 - 02:16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ikan merupakan makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Untuk mendapatkan ikan dengan kualitas bagus, kita harus mengetahui tips memilih ikan yang baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda cermati saat memilih ikan.

1. Mata ikan

Salah satu ciri ikan segar bisa dilihat dari mata ikan tersebut. Mata ikan yang segar biasanya terlihat masih menonjol dan berwarna jernih layaknya saat masih hidup. Ikan yang sudah lama mati dan tidak didinginkan dengan layak, matanya berwarna pucat cenderung keabu-abuan.

2. Insang dan Sirip Ikan

Insang yang berwarna merah darah menandakan ikan yang masih segar. Jika sudah tidak segar, warna insang ikan biasanya memucat.

3. Daging Kenyal

Daging ikan segar, terasa elastis ketika ditekan. Coba tekan dua sampai tiga kali bagian perut ikan menggunakan jari telunjuk, jika bentuknya kembali seperti semula tandanya ikan masih segar.

4. Kulit dan sisik

Salah satu cara mudah memilih ikan segar adalah dengan mengamati warna kulit dan sisiknya. Kulit ikan berkualitas baik tampak mengkilat dengan warna yang terang. Sisiknya pun masih menempel dengan kuat pada badan ikan dan tidak mudah lepas saat ditarik. Sementara itu, ikan berkualitas rendah memiliki kulit dan sisik yang tampak kusam. Saat dipegang, sisiknya juga mudah terlepas.

5. Bau

Ikan berkualitas baik memiliki bau khas yang segar dan ringan. Bau yang menguar dari ikan segar tidak mengganggu penciuman ataupun terasa aneh. Sebaliknya, bau amis yang menyengat menandakan bahwa ikan tidak lagi segar. Ikan tersebut juga telah dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruang dan telah mulai mengalami pembusukan.

Dengan mengetahui tips memilih ikan yang segar juga dapat mengurangi risiko kontaminasi makanan. Setelah memilih ikan, jangan lupa untuk segera menyimpan makanan sehat ini dalam lemari pendingin atau diolah sesegera mungkin. Anda bisa menjaga kesegarannya dengan memberikan perasan lemon dan rempah-rempah segar sesuai selera. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration