Peristiwa Daerah

Petugas BKSDA Gagalkan 8 Boks Penyelundupan Daging Penyu ke Bali

Senin, 08 April 2019 - 15:59 | 31.43k
Daging penyu saat ditemukan oleh petugas di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, Senin (8/4/2019).(FOTO: IST/TIMES Indonesia).
Daging penyu saat ditemukan oleh petugas di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, Senin (8/4/2019).(FOTO: IST/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, DENPASARBKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Bali, menyita 8 boks daging penyu seberat 280 kilo gram yang akan dikirim ke Pulau Bali. Daging penyu ini coba diselundupkan melalui Pelabuhan Laut Padabai, Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu lalu.

Saat itu, Kepolisian Polsek Kawasan Laut Padangbai melakukan pemeriksaan terhadap truk dengan nomor DK 8665 J yang dikendarai oleh Kornellis Kalli Bokol (30). Saat dilakukan pemeriksaan, truk tersebut mengangkut ikan kerapu sebagaimana tercatat dalam dokumen. Namun kemudian petufas Karantina Ikan Padangbai untuk menemukan ada barang tanpa dokumen sebanyak 8 boks seberat  280 kilo gram yang  dikemas dalam stefrom yang dicurigai daging penyu.

Selanjutnya, dilakukan identifikasi oleh petugas BKSDA dan benar bahwa daging tersebut adalah daging penyu.

Ketut Catur Marbawa, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BKSDA Bali menjelaskan, bahwa dari keterangan supir barang tersebut dimuat dari Pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu (3/4/2018) sekitar pukul 22.00 Wita.

"Ia (Supir) mengangkut muatan ikan dengan tujuan Mataram (Lombok) sebanyak 60 boks dengan tujuan Padang Galak (Denpasar) sebanyak 31 boks. Truk tersebut disewa dengan harga Rp. 2.500.000  dan yang bersangkutan tidak mengetahui ada daging penyu di dalam boks tersebut," kata Catur saat dikonfirmasi, Senin (8/4/2019).

"Atas kejadian ini, kami bersama petugas Karantina Ikan menyerahkan ke Polsek Kawasan Laut Padangbai untuk proses penyidikan lebih lanjut," ujar Catur.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES