Kesehatan

Berlebihan Makan Jeroan, Waspadai Risikonya untuk Kesehatan

Senin, 08 April 2019 - 04:25 | 86.34k
Ilustrasi - Jerohan (FOTO: halodoc)
Ilustrasi - Jerohan (FOTO: halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jeroan merupakan salah satu makanan dengan kadar kolesterol yang sangat tinggi. Selain itu, jeroan juga mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi dan purin. Inilah mengapa berlebihan makan jeroan dapat meningkatkan risiko kesehatan pada masa mendatang. Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini berbagai penyakit yang disebabkan berlebihan konsumsi makanan tinggi kolesterol dan purin seperti jeroan.

1. Penyakit jantung

Kadar kolesterol yang tinggi dalam jeroan dapat menyumbangkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Ditambah lagi dengan kadar lemak jenuh yang tinggi dalam jeroan. Keduanya dapat menempel dan menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah koroner di jantung lalu memicu penyakit jantung koroner.

2. Stroke

Tidak hanya penyakit jantung, risiko stroke juga meningkat dengan konsumsi jeroan karena penyumbatan pembuluh darah yang terdapat di otak. Mekanismenya hampir sama dengan penyumbatan pada pembuluh darah koroner di jantung.

3. Asam urat

Tingginya kadar purin yang terdapat dalam jeroan juga berisiko menyebabkan asam urat. Purin dimetabolisme oleh tubuh menjadi zat asam urat. Asam urat dikeluarkan oleh ginjal melalui urine.

Namun demikian, jika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, ginjal tidak mampu mengeluarkannya semua sehingga kelebihan asam urat dalam darah akan menumpuk pada jaringan tubuh seperti sendi dan menyebabkan nyeri hebat.

Penumpukan kolesterol dan lemak jenuh pada dinding pembuluh darah, salah satunya disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak seperti jeroan. Anda pun bisa berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Karena itu sebaiknya jangan berlebihan makan jeroan mengingat efeknya untuk kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES