Peristiwa Daerah

Pupuk Kaltim Gelar Pelatihan Menjahit untuk Anggota DWP Bontang

Minggu, 07 April 2019 - 20:17 | 69.13k
Berfoto bersama, GM Umum PKT, Nur sahid (baju putih) dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang Aji Erlinawati, usai penutupan pelatihan menjahit bagi anggota DWP Bontang, ( Foto: Humas PKT For Times Indonesia)
Berfoto bersama, GM Umum PKT, Nur sahid (baju putih) dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang Aji Erlinawati, usai penutupan pelatihan menjahit bagi anggota DWP Bontang, ( Foto: Humas PKT For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANGPelatihan menjahit tingkat dasar dan bahan daur ulang sampah bagi 35 anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Bontang (DWP Bontang), yang diselenggarakan Pupuk Kaltim melalui Departemen CSR ditutup dengan peragaan busana hasil rancangan mandiri para peserta di Aula Gedung Diklat Kantor Pusat Pupuk Kaltim, Jumat 5 April 2019.

Seluruh busana yang ditampilkan merupakan aplikasi pengetahuan yang diperoleh selama dua pekan mengikuti pelatihan, mulai dari merancang, mengukur, hingga menjahit pakaian dengan berbagai variasi dan bentuk.

“Semuanya murni karya para peserta dan hasilnya sangat memuaskan,” kata instruktur pelatihan Eko Wiji Rahayu, dari Ewid Collection.

Pupuk-Kaltim-a.jpg

Ketua DWP Bontang, Siti Hamna Agus Amir, mengungkapkan pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas anggota Dharma Wanita agar mampu mengatasi berbagai tantangan yang semakin besar, sekaligus bekal untuk memiliki daya saing dengan mengasah kemampuan dari potensi yang dimiliki.

Dirinya berharap hasil pelatihan dapat diaplikasikan dengan baik, agar kemampuan menjahit anggota DWP Bontang bisa lebih dikembangkan kedepannya. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang telah memfasilitasi pelatihan ini, termasuk memberikan bantuan mesin jahit bagi DWP Bontang,” kata Siti Hamna.

Mewakili Pemerintah Kota Bontang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang Aji Erlinawati, kembali mengapresiasi langkah Pupuk Kaltim yang terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM di Kota Bontang, khususnya anggota DWP Bontang agar lebih berdaya saing dengan keterampilan yang dimiliki.

Para peserta pelatihan diimbau agar terus mengasah kemampuan pasca pelatihan sehingga bekal yang diberikan selama dua pekan terakhir bisa dimanfaatkan maksimal guna mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga. Salah satunya membuka usaha mandiri yang sangat potensial dikembangkan di Bontang.

Begitu pula saat Pemerintah Kota Bontang telah menerapkan aturan pelarangan penggunaan kantong plastik di berbagai pusat perbelanjaan dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat berkontribusi dalam menekan jumlah sampah plastik yang bisa diolah menjadi barang berharga dan bernilai ekonomis. 

“Upaya ini hendaknya bisa kita dukung bersama, sehingga persoalan sampah bisa ditekan secara perlahan,” ujar Aji Erlinawati.

Dirinya berharap Pupuk Kaltim dapat memberikan pelatihan lanjutan bagi anggota DWP Bontang nantinya, sehingga kemampuan para peserta dapat lebih dikembangkan, seperti pelatihan bordir atau lainnya. Jika hal ini ditindaklanjuti, dianggap dapat menunjang keterampilan menjahit maupun daur ulang sampah yang telah dibekali.

“Kami harap ibu-ibu semua juga bisa serius menerapkan ilmu yang didapat, agar turut membanggakan Pupuk Kaltim yang telah fasilitasi pelatihan ini,” tambah Aji Erlinawati.

Sementara GM Umum Kuasa Direksi Pupuk Kaltim Nur Sahid, menyebut pelatihan ini salah satu upaya Perusahaan untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Bontang, dalam mendukung terwujudnya visi Creative City dengan terciptanya wirausaha mandiri dari keterampilan yang dimiliki.

Hal ini sejalan dengan visi Pupuk Kaltim yang secara konsisten membina masyarakat di berbagai bidang, sehingga mampu mendorong peningkatan kapasitas diri maupun kesejahteraan keluarga.

“Kami harap para peserta bisa menerapkan hasil pelatihan di lingkungan masing-masing, serta membuka usaha mandiri yang bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan. Asah terus kemampuan dan jangan berhenti berlatih,” pesan Nur Sahid, sekaligus menutup pelatihan.

Kegiatan pelatihan menjahit untuk anggota DWP Bontang yang digelar Pupuk Kaltim ini diakhiri dengan mengumumkan dua peserta terbaik selama pelatihan, dinilai dari keaktifan serta kreasi yang dihasilkan. Masing-masing mendapat penghargaan dan uang pembinaan, diserahkan langsung Nur Sahid bersama Aji Erlinawati kepada peserta terpilih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES