Tekno

Samsung Luncurkan Ponsel 5G, Ini Kehebatannya

Sabtu, 06 April 2019 - 12:55 | 108.11k
Samsung mulai menjual ponsel Galaxy S10 5G pada Jumat (5/4/2019) (FOTO : Ilustrasi)
Samsung mulai menjual ponsel Galaxy S10 5G pada Jumat (5/4/2019) (FOTO : Ilustrasi)

TIMESINDONESIA, JAKARTASamsung mulai menjual ponsel Galaxy S10 5G pada Jumat (5/4/2019) dan menyebutkan, perangkatnya akan menawarkan kecepatannya hingga 20 kali lebih cepat dari ponsel-ponsel yang ada saat ini.

Dua negara, Korea Selatan dan Amerika Serikat pekan ini memang meluncurkan layanan komersial 5G pertama di dunia dengan menjanjikan gelombang kemampuan baru bagi para pengguna telepon seluler pintar.

5G adalah jaringan koneksi internet seluler generasi kelima. Para pengguna akan mengakses data lebih cepat, dengan tingkat kelambanan yang minim. 5G juga menjanjikan jangkauan yang lebih luas dan koneksi yang lebih stabil.

Ed Barton, kepala analis televisi dan hiburan dari lembaga Ovum, mengatakan saat ini perubahan dari jaringan 4G ke 5G akan menjadi signifikan. "Kami mengharapkan lompatan dari 4G ke 5G menjadi lompatan yang jauh lebih besar dari sebelumnya," katanya.

Wujud dari "lompatan" itu adalah kemampuan untuk memindahkan volume data yang jauh lebih besar antar jaringan. Ini artinya akan lebih banyak perangkat dapat terhubung ke jaringan dengan kecepatan yang lebih baik.

Barton mengatakan jaringan generasi pertama atau 1G memiliki kemampuan dalam suara, jaringan 2G mempunyai kelebihan untuk berkirim teks, 3G untuk gambar atau foto statis, serta 4G memiliki kemampuan untuk mengaktifkan video.

Negara-negara di dunia saat ini berlomba untuk membangun jaringan 5G yang akan menjadi sangat penting bagi teknologi masa depan seperti untuk mobil tanpa pengemudi. Mereka juga berusaha untuk menyelesaikan masalah keamanan yang terkait dengan berbagai jaringan.

Samsung telah menangkap kebutuhan itu dan mulai menjual ponsel Galaxy S10 5G pada Jumat (5/4/2019). Perangkat inilah yang nanti akan menawarkan kecepatannya hingga 20 kali lebih cepat dari ponsel-ponsel yang ada saat ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES