Sabtu, 20 April 2019
Gaya Hidup

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Alami, Bagaimana Caranya?

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Alami, Bagaimana Caranya? ILUSTRASI - Berat Badan. (FOTO: Shutterstock)
Sabtu, 06 April 2019 - 02:33

TIMESINDONESIA, JAKARTADiet ketat menjadi pilihan jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, cara ini bisa memicu beberapa masalah kesehatan jika Anda salah menerapkannya. Agar tidak berisiko tinggi, ada lho cara yang lebih aman dan alami menurunkan berat badan Anda.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut cara turunkan berat badan secara alami tanpa tanpa diet ekstrem.

1. Ikuti jadwal makan secara teratur

Biasanya, orang yang ingin menurunkan berat badan, mencoba untuk tidak makan sama sekali di salah satu sesi. Padahal, tidak terpenuhinya salah satu sesi makan dapat menimbulkan makan berlebih di sesi selanjutnya. Daripada menghilangkan salah satu sesi makan, lebih baik Anda mengurangi porsi makan.

2. Makan yogurt

Bakteri dalam usus memengaruhi kondisi tubuh Anda secara keseluruhan, begitu pula dengan berat badan. Agar tubuh Anda terisi oleh bakteri baik, khususnya pada saluran pencernaan, konsumsi saja yogurt atau makanan lain yang kaya akan prebiotik. Bakteri baik cenderung membuat metabolisme tubuh berjalan cepat dan menghindarkan Anda dari kegemukan.

3. Tambahkan sayuran di setiap menu makan Anda

Sayuran merupakan makanan sehat yang kaya akan serat. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tambahkan sayur di setiap menu makan. Sayur dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Anda pun tidak mudah tergiur untuk menyantap makanan manis atau berlemak lainnya.

4. Minum air lemon hangat

Bagi Anda yang tidak memiliki masalah asam lambung dan ingin cepat langsing dengan cara alami, cobalah minum secangkir air hangat dengan perasan lemon. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan saluran cerna.

5. Hindari minuman kemasan

Minuman kemasan seperti jus atau soda mengandung kadar gula dan kalori yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko kegemukan. Lebih baik buatlah jus segar sendiri sehingga Anda bisa menakar sendiri gula yang diminum. Selain itu,  jangan mudah tergiur pula dengan tulisan “zero sugar” atau semacamnya karena pasti masih ada kandungan pemanis buatan di dalamnya.

6. Timbang berat badan setiap minggu

Dengan menimbang berat badan setiap minggu, Anda jadi lebih peka terhadap segala perubahan yang terjadi pada bobot tubuh Anda sehingga bisa mengontrol segala asupan. Lagi pula, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa orang yang rutin menimbang berat badannya tiap minggu memiliki berat badan yang lebih ideal.

7. Jangan lupa berolahraga

Rutin melakukan olahraga kardio, seperti lari, renang, dan bersepeda bisa mempercepat penurunan berat badan. Nah, setelah berat badan turun, tambah massa otot Anda dengan cara melakukan olahraga pembentukan, seperti plank, push up, dan angkat beban.

Hal di atas dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan secara alami. Hindari melakukan diet ketat yang bisa memicu masalah kesehatan. Meski bisa kurus dengan cepat, tetapi efek jangka panjangnya belum tentu baik. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Reader Digest

Komentar

Loading...
Registration