Kuliner

Tips Memasak Bayam yang Tepat Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Tips Memasak Bayam yang Tepat Agar Nutrisinya Tetap Terjaga ILUSTRASI - Sayur Bayam. (FOTO: Hello Sehat)
Jum'at, 05 April 2019 - 05:49

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memasak bayam sepertinya sangat mudah dilakukan. Namun tahukah Anda jika sebenarnya memasak bayam tidak boleh dilakukan sembarangan. Bayam membutuhkan perlakuan khusus untuk memasaknya agar nutrisi bayam tetap terjaga dan tetap hijau setelah dimasak. Bagaimana memasak bayam yang tepat?

Sebelum diolah pastikan untuk mencuci bersih sayur bayam di bawah air mengalir. Bila perlu, rendam sayur bayam di dalam wadah yang berisi air dengan campuran sedikit larutan garam di dalamnya. Merendam sayur bayam dengan larutan air garam ini untuk menghilangkan ulat atau hewan lain yang menempel di daun maupun batang sayur bayam.

Agar nutrisi sayur bayam terjaga, masak sayur bayam dengan cara direbus, dikukus atau ditumis. Memasak sayur bayam ini bisa membuat kandungan vitamin A dalam sayur bayam semakin banyak dan baik buat tubuh.

Sebelum memasukkan sayur bayam ke rebusan air, pastikan air telah mendidih. Sayur yang direbus di dalam air mendidih akan lebih cepat layu dan matang. Teksturnya juga bisa semakin renyah.

Sayur bayam yang dimasak dengan cara ditumis sebaiknya tidak ditumis dalam waktu lebih dari 2 menit. Gunakan api besar agar tumis sayur bayam cepat matang dan warnanya tidak berubah hitam.

Memasak bayam sebaiknya menggunakan panci atau wajan stainless agar tidak berubah warna jadi hitam. Hindari mengonsumsi sayur bayam setelah 5 jam dimasak ya. Hindari juga memanaskan ulang sayur bayam karena ini berbahaya buat kesehatan.

Itulah cara memasak bayam yang tepat agar nutrisi bayam terjaga dan tidak berubah warna. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration