Pendidikan

Kendedes Lahir di Polbangtan Malang

Jumat, 29 Maret 2019 - 20:38 | 224.92k
Kepala Bagian Administrasi Umum Polbangtan Malang Dr Setya Budhi Udrayana sedang memegang Kendedes. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Kepala Bagian Administrasi Umum Polbangtan Malang Dr Setya Budhi Udrayana sedang memegang Kendedes. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKendedes telah lahir di kampus Polbangtan Malang. Nama itu yang diberikan oleh Direktur Polbangtan Malang, Dr. Bambang Sudarmanto saat mengetahui kelahiran sapi betina hasil inseminasi buatan semen beku Belgian Blue.

Pedet, sebutan bagi anak sapi, yang lahir dalam kondisi sehat pada hari ini, Jumat (29/3/2019) memiliki berat 41 kilogram. Induk dari Kendedes adalah Ana, sapi betina Peranakan Friessian Holstein (PFH) yang berumur 5 tahun dan telah beranak 2 kali. 

Anak-Sapi-Polbangtan-Malang-2.jpg

Direktur Polbangtan Malang mengatakan, kelahiran pedet hasil IB semen beku sapi Belgian Blue ini diharapkan dapat memicu semangat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mahasiswa.

"Baik mahasiswa prodi PPKH (Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraa Hewan) maupun Agribisnis Peternakan (Agrinak), yang berkonsentrasi pada ternak potong," ujar Bambang Sudarmanto.

Anak-Sapi-Polbangtan-Malang-3.jpg

Dalam kesempatan terpisah, pengelola Laboratorium Reproduksi dan Keswan Polbangtan Malang, drh. Iswati, MPt menyampaikan, monitoring kesehatan dan treatment (perlakuan) yang dilakukan pada induk sebelum melahirkan, menjadikan proses kelahiran berjalan lancar. "Semoga perlakuan pasca dilahirkan dapat membuahkan hasil yang diharapkan," imbuhnya.

Ia menambahkan, dua jenis treatment yang dilakukan adalah exercise selama hampir 2 bulan serta flushing yang dibatasi. Dan akhirnya setelah bunting selama 9 bulan 8 hari, Ana berhasil melahirkan Kendedes dengan selamat di kampus Polbangtan Malang(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES