Wisata

Candi Sawentar Blitar Belum Ditemukan Tahun Dibangunnya, Mengapa?

Rabu, 27 Maret 2019 - 11:14 | 263.07k
Candi Sawentar di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar
Candi Sawentar di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar

TIMESINDONESIA, BLITARCandi Sawentar yang berada di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, sampai saat ini belum diketahui tahun berapa candi tersebut dibangun atau buat. Dikatakan Sugeng Achmadi, Juru Pelihara Candi Sawentar, telah banyak penelitian namum belum bisa menemukan tahun berapa candi itu dibangun.

"Candi Sawentar peninggalan kerajaan Majapahit. Namun, menurut para ahli, bahwa motif bangunan Candi ini dari arsitektur Singasari," terangnya, kepada TIMES Indonesia, Rabu (27/3/19).

Menurut Sugeng Achmadi, para ahli menyimpulkan bangunan Candi tersebut dibangun bersamaan dengan Kerajaan Singasari. Namun, ketika Singasari runtuh, pembangunan Candi diteruskan oleh Majapahit. Karena nilai Sugeng, didalam ruangan ada batu penutup dan diatas Candi terdapat Surya Majapahit.

"Candi ini terbuat dari batu Andesit atau batu sungai murni. Sedangkan fungsi dan kegunaan Candi ini sebagai tempat pemujaan bukan makam," jelasnya.

Menurut Sugeng, para Ahli menyimpulkan bahwa Candi Sawentar itu sebagai tempat pemujaan. Karena didalam ruangan terdapat Lingga dan Yoni. Apabila dalam satu Candi terdapat ruangan besar dan terdapat Lingga dan Yoni, bisa dipastikan Candi itu adalah tempat pemujaan Dewa Siwa menurut agama Hindu.

"Kalau Candi sebagai makam abu jenazah, biasanya didalamnya terdapat patung yang diabadikan disitu," terang pria yang sudah 18 tahun menjadi Juru Pelihara di Candi Sawentar itu. Diketahui, Candi Sawentar Blitar memiliki tinggi 10.5 M dan digali pada tahun 1915. Candi berada di lahan seluas 1500 M. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES