Kesehatan

Efektifkah Membersihan Tangan dengan Tisu Basah?

Rabu, 27 Maret 2019 - 03:26 | 63.15k
Ilustrasi - Membersihkan tangan dengan Tisu Basah (FOTO: Dream)
Ilustrasi - Membersihkan tangan dengan Tisu Basah (FOTO: Dream)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat malas mencuci tangan menggunakan air, kita sering menggunakan tisu basah untuk membersihkan tangan. Apakah tisu basah bisa menggantikan air dan sabun untuk mencegah penyebaran penyakit melalui tangan?

Menurut Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja, Direktorat Kesehatan Keluarga, drg. Wara Pertiwi, mencuci tangan yang benar adalah menggunakan sabun dan air mengalir. Jika dalam keadaan tertentu, bisa membersihkan tangan dengan tisu basah yang mengandung antiseptik. Namun penggunaan tisu basah tidak bisa seefektif menggunakan sabun dan air mengalir.

Mencuci tangan menggunakan sabun selain bisa memutus mata rantai penyebaran penyakit berbahaya melalui tangan, juga ampuh mengurangi angka kematian akibat kuman dan bakteri. 

Penyakit seperti batuk dan pilek bisa muncul dari kurangnya kesadaran orangtua mencuci tangan mereka atau sekedar lupa membersihkan benda-benda di sekeliling anak seperti mainan. Tak hanya batuk dan pilek, penyakit diare juga mengintai para anak bila kebersihannya tak terjaga.

Oleh karena itu, biasakan anak mencuci tangan dengan cara yang benar yaitu menggunaan sabun dan air mengalir. Namun jika terpaksa, Anda bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan tangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES