Gaya Hidup

Yuk, Lakukan Langkah Ini saat Anak Susah Tidur Siang

Rabu, 27 Maret 2019 - 05:24 | 61.73k
Ilustrasi - Tips mengatasi anak susah tidur siang (FOTO: Moth3rs)
Ilustrasi - Tips mengatasi anak susah tidur siang (FOTO: Moth3rs)

TIMESINDONESIA, JAKARTATumbuh kembang anak akan lebih maksimal lagi bila ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam. Karena di saat tidur, tubuh anak akan memproduksi hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Namun, biasanya memasuki usia 2 tahun anak susah tidur siang.

Jika hal ini terjadi, Anda harus menemukan cara yang tepat agar anak terbiasa tidur siang. Bagaimana caranya? Berikut ini cara untuk membujuk anak agar mau tidur siang, dilansir dari parenting.co.id.

1. Atur waktu

Pastikan Anda mengajaknya tidur siang di saat yang tepat, yaitu setelah makan siang. Kenapa? Karena jarak waktunya sudah cukup jauh dari waktu bangun di pagi hari, dan perut kenyangnya pun akan membuatnya sedikit mulai lesu.

2. Konsisten

Jaga ritual tidur siang seperti halnya Anda membuat ritual untuk tidur malamnya. Misal, bacakan buku tertentu menjelang waktu tidur siang, atau tidur siang di tempat yang sama setiap harinya.

3. Tawarkan sesuatu yang positif

Bila anak menolak diajak tidur siang, katakan sesuatu yang positif. Contohnya, “nanti kita bisa main lagi sesudah kamu bangun. Malah kamu akan merasa lebih kuat dibanding sebelum tidur siang.”

4. Ciptakan suasana tenang

Suasana tenang bisa membantu anak untuk cepat tidur. Sebaiknya matikan TV, tutup pintu untuk meredam suara berisik di luar, dan bersantailah.

5. Buat waktu tidur siang yang menyenangkan

Jangan sekali kali menjadikan tidur siang sebagai ancaman atau hukuman. “Kalau tidak mau makan, nanti mama kurung di kamar.” Hal ini akan membuat anak mengasosiasikan waktu tidur siang sebagai hal yang tidak menyenangkan.

Jika anak susah tidur siang, sebaiknya jangan dimarahi atau dipaksa. Tinggalkan ia dengan beberapa mainan atau buku dan berikan ia waktu untuk menenangkan diri. Setidaknya, cara ini bisa menghemat energinya dan membuatnya sedikit beristirahat. Setelah itu, Anda bisa membujuknya lagi agar tidur siang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES