Kesehatan

Jangan Asal Sarapan, Ini Pilihan Menu Sarapan Sehat yang Nikmat

Rabu, 27 Maret 2019 - 06:14 | 122.26k
ILUSTRASI - Sarapan Sehat. (FOTO: Zurich Indonesia)
ILUSTRASI - Sarapan Sehat. (FOTO: Zurich Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sarapan memiliki beragam manfaat untuk tubuh seperti menjaga nafsu makan, meningkatkan pembentukan otot serta memberi energi yang cukup untuk beraktivitas. Bagi Anda yang sedang berdiet, sarapan dapat membantu tubuh dalam proses metabolisme yang lebih baik sehingga dapat membakar lemak m lebih maksimal. Tapi jangan sembarang sarapan. Pilihlah menu makanan sehat untuk sarapan sehat Anda.

Berikut ini jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk sarapan. Apa saja?

1. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang juga memiliki setidaknya 13 nutrisi penting lainnya bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan dengan menu yang kaya protein dapat memberi rasa kenyang lebih lama dan baik untuk pembentukan otot.

Tak hanya protein, kuning telur kaya akan kandungan vitamin B kolin yang penting untuk kesehatan daya ingat dan lutein serta zeaxanthin yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

2. Pisang

Buah pisang mengandung serat alami, vitamin C dan potasium. Kandungan nutrisi dalam pisang ini sangat baik untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam pisang juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Pisang dapat dimakan langsung, maupun dihidangkan dalam campuran susu dan sereal, bersama oatmeal, dalam bentuk smoothies, jus, dengan roti panggang dan lain sebagainya.

3. Yogurt

Seperti telur, yogurt juga merupakan jenis makanan yang kaya akan sumber protein. Selain itu, yogurt tanpa rasa atau plain yogurt kaya akan kalsium sehingga baik untuk tulang dan sekaligus menjaga proses pencernaan dengan baik.

Sebaiknya konsumsi yogurt tanpa rasa yang tidak manis untuk menjaga kandungan gula yang rendah saat sarapan.

4. Oatmeal

Oatmeal menjadi menu sarapan yang sangat sehat dengan kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal juga dapat mencegah Anda cepat lapar dan baik untuk pencernaan.

Oatmeal terbuat dari gandum utuh sehingga bermanfaat untuk mencegah Anda terkena hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung serta diabetes. Kandungan lainnya dalam oatmeal seperti zat besi, magnesiun dan vitamin B kompleks membuat oatmeal sangat tepat untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Menu sarapan dengan makanan sehat di atas tentu tidak sulit untuk ditemukan. Imbangi menu sarapan sehat Anda dengan asupan kalsium, protein dan serat yang tinggi untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat selama beraktivitas seharian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES