Peristiwa Daerah

DPRD Banyuwangi Dukung Desa Karangsari Jadi Percontohan Perikanan Air tawar

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:13 | 195.41k
Penebaran benih ikan air tawar di Dam Manggis, Dusun Gumuk, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, yang dilakukan anggota DPRD Banyuwangi, Muhammad Sahlan, Pemerintah desa serta masyarakat setempat. (Foto : Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Penebaran benih ikan air tawar di Dam Manggis, Dusun Gumuk, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, yang dilakukan anggota DPRD Banyuwangi, Muhammad Sahlan, Pemerintah desa serta masyarakat setempat. (Foto : Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Muhammad Sahlan, S.Sos, MA, anggota DPRD Banyuwangi, mendukung Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, menjadi percontohan perikanan air tawar. Predikat tersebut dinilai sangat pantas mengingat pemerintah desa beserta masyarakat setempat sangat getol melakukan pelestarian ikan air tawar.

Seperti yang dilakukan pada, 18 Maret 2019 lalu. Saat itu Kepala Desa (Kades) Karangsari, H Sholeh, beserta perangkat, tokoh pemuda dan masyarakat dengan kompak melakukan penebaran benih ikan air tawar. Lokasi yang dipilih adalah, Dam Manggis, di Dusun Gumuk.

“Dalam kegiatan tebar benih ikan, selain menjaga ekosistem, juga membangun kesadaran untuk bergotong royong membangun desa,” ucap Muhammad Sahlan, Rabu (27/3/2019).

Anggota-DPRD-Banyuwangi-Muhammad-Sahlan.jpgAnggota DPRD Banyuwangi, Muhammad Sahlan, (nomor dua dari kiri) sedang bersama perangkat serta tokoh Desa Karangsari, Kecamatan Sempu. (Foto: Syamsul Arifin/TIMESIndonesia)

Dalam tingginya arus urbanisasi, lanjutnya, kesadaran dan semangat membangun desa sangat diperlukan. Khususnya di kalangan generasi muda. Karena dengan kemajuan teknologi dan pesatnya arus informasi, berbagai potensi pedesaan adalah alat kongkrit dalam mendorong kemajuan perekonomian.

“Ke depan dusun gumuk ini menjadi dusun percontohan dalam menjaga perikanan air tawar. Secara umum Desa Karangsari menjadi percontohan perikanan air tawar di Kecamatan Sempu,” kata politisi Partai Golkar ini.

Selain melakukan penebaran benih ikan air tawar, dalam kesempatan tersebut masyarakat Desa Karangsari, juga mempercantik lingkungan Dam Manggis dengan cat warna-warni. Termasuk membangun joglo sebagai tempat bersantai. Dan setali tiga uang, kini Dam Manggis, di Dusun Gumuk, yang telah bersolek, bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi warga Desa Karangsari dan sekitarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES