Ekonomi

Indonesia Digital Popular Brand Award, Membangun Brand Lewat Digital 

Selasa, 26 Maret 2019 - 01:08 | 151.25k
Malam penganugerahan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019. (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)
Malam penganugerahan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019. (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Internet dan media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup bagi masyarakat, Keperluan untuk berkomunikasi, mencari informasi dan berkreasi seakan tak pernah surut, pergerakan arus pesan dan informasi terus dilakukan oleh siapa saja, dimana saja serta kapan saja melalui digital.

Pada tahun 2018, Indonesia dinobatkan sebagai pengguna internet terbesar di Asia Tenggara. 

Atas hal tersebut, sudah menjadi keharusan bagi para pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang itu agar perusahaan tersebut mampu berkembang dan berdaya saing.

"Saat ini, keberadaan internet sudah jadi hal mutlak bagi brand suatu perusahaan. Karena saat ini, masyarakat selalu menggunakan internet setiap hari," kata Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo dalam penganugerahan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019, di Jakarta, Senin (25/03/2019).

"Brand harus memiliki website tapi isinya bukan hanya company profile tapi harus lebih informatif dan detail," tambah dia.

Melalui internet dan media sosial, perusahaan bisa mengenalkan produknya secara detail dan menarik kepada para konsumen.

"Mereka sekarang mencari produk dan ingin mengetahui secara detail dengan googling dan konten yang menarik, baik melalui tulisan atau video (kini) semakin dibutuhkan untuk memasarkan produk," katanya.

Menurut dia, sebelum masuk ke dunia digital, perusahaan perlu melakukan riset market terlebih dahulu. 

Untuk melakukan itu, ada tiga platform yang dapat digunakan. Pertama yakni Google Keyword untuk melihat produk yang sedang dicari oleh masyarakat.

Kemudian Google Trend untuk melihat pergerakan suatu produk. Terakhir yakni Data Market Place untuk melihat berapa banyak barang terjual dan bagaimana ulasan akan suatu produk.

"Google trend bisa digunakan untuk mengetahui demand (permintaan dari pasar), trend terkini dan terupdate di masyarakat. Kemudian juga menarik tentang data - data di market place, mana saja produk terlaris," katanya.

Pada kesempatan itu, TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang mendedikasikan diri terhadap penelitian akan perkembangan brand di Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID serta IMFocus Digimarketing Consultant selaku Certified Google Partner, kembali menyelenggarakan malam penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2019.

Mengusung tema “Digital Activity; Improving Your Brand”, penghargaan yang kini sudah ke - tiga belas kali diselenggarakan ini menjadi bukti suksesnya para pelaku brand terhadap kinerja digital brand activity yang dilakukannya.

Untuk mengukur brand-brand populer pilihan netizen, TRAS N CO Indonesia, INFOBRAND.ID serta IMFocus telah melakukan survei kepada 150 kategori produk dan lebih dari 1.000 brand tersurvei di Indonesia.

Survei tersebut murni dilakukan melalui data engine pihak ketiga ini berlangsung sepanjang Desember 2018 sampai Februari 2019 lalu melalui tiga kategori penilaian seperti Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based.

Dalam survei tersebut, Tri Raharjo menambahkan, tak kurang dari 244 brand di Indonesia telah berhasil menjadi pemenang dalam ajang Indonesia Digital Popular Brand Award 2019. Melalui apresiasi ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat kompetisi bagi pelaku brand digital.

Sebagai informasi, adapun para pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 diantaranya, Marcks (Kategori Bedak Tabur Muka); Salicyl (Kategori Bedak Kesehatan); Sharp (Kategori AC, Mesin Cuci, Vacuum Cleaner dan Mesin Fax); Softex (Kategori Pembalut Wanita); OBH Combi (Kategori Obat Batuk); Dekkson (Kategori Handle Pintu); Terminix (Kategori Pembasmi Hama); Citicon (Kategori Bata/Beton Ringan); Nusabess (Kategori Atap Fiber Cement); Nusaboard (Kategori Calcium Silicate Board).

Lalu Lenovo (Kategori Laptop); QL Maskara (Kategori Maskara); BAF (Kategori Leasing Mobil); Garda Oto (Kategori Asuransi Mobil); Campina (Kategori Es Krim); Onda (Kategori Kran Air); Rucika (Kategori Pipa Air PVC); dan BCA (Kategori Kartu Kredit, Mobile Banking, Internet Banking dan Call Center Bank).

"Selamat kepada brand peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2019. Semoga prestasi ini dapat terus dipertahankan untuk tetap menjadi yang terpopular di tahun-tahun mendatang," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES