Kesehatan

Bawang Putih Bisa Meredakan Radang Tenggorokan, Benarkah?

Selasa, 26 Maret 2019 - 03:20 | 220.84k
FOTO: Klikdokter
FOTO: Klikdokter

TIMESINDONESIA, JAKARTABawang putih bukan sekedar bumbu dapur. Bawang putih dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain dapat membantu menurunkan kolesterol, ada juga yang mengatakan bahwa manfaat bawang putih dapat meredakan radang tenggorokan. Benarkah?

Dilansir Livestrong.com, sifat antibiotik yang dimiliki oleh bawang putih belum pernah diindikasikan sebagai pengobatan infeksi bakteri. Ada dua jenis radang tenggorokan, yakni radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Radang tenggorokan akibat bakteri disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A, sehingga dikenal sebagai Streptococcal pharyngitis (radang tenggorokan akibat bakteri Streptokokus).

Menurut sebuah artikel tinjauan tahun 2014 yang diterbitkan dalam “Annals of National Institute of Hygiene”, bawang putih memang menunjukkan aktivitas antibakteri in vitro terhadap beberapa bakteri Streptococcus. Namun, belum bisa dipastikan apakah aktivitas itu berdampak positif pada radang tenggorokan atau tidak.

Untuk mengurangi risiko komplikasi, hubungi dokter jika radang tenggorokan Anda tidak membaik dalam 48 jam setelah minum antibiotik. Nantinya dokter akan meresepkan antibiotik yang berbeda untuk melawan infeksi.

Meski banyak manfaat Bawang putih untuk kesehatan tubuh sebaiknya Anda tak asal mengonsumsinya. Sebelum mengonsumsi bahan alami seperti bawang putih, jahe dan lainnya untuk meredakan radang tenggorokan, ada baiknya juga untuk membicarakannya dulu dengan dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES