Pendidikan

Tim Mekatronic UMM Bakal Bersaing di SEM Asia 2019

Senin, 25 Maret 2019 - 22:55 | 40.82k
Tim Mekatronic UMM  akan mengikuti ajang SEM Asia 2019. (FOTO: Imadudin M/TIMESIndonesia)
Tim Mekatronic UMM akan mengikuti ajang SEM Asia 2019. (FOTO: Imadudin M/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mobil karya Tim Mekatronic UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) bakal berlaga di kontes internasional Shell Eco-Marathon Asia/SEM Asia 2019 di Malaysia April mendatang. 

Tim UMM akan bersaing dengan 28 tim dari Asia dalam ketegori kendaraan Urban Electric, di Sirkuit Internasional Sepang, Kuala Lumpur. Pada ajang kali ini Mekatronic UMM menurunkan mobil terbaiknya, yang bermesin BLDC Motor 400 Watt dengan tempurung berbahan carbon fiber dan sasis aluminum.

Tim-Mekatronic-UMM-2.jpg

Sementara ban menggunakan berukuran 17 inchi serta roda dasar berukuran 1250 milimeter. Keseluruhan bobot mobil yakni 80 kilogram. Mobil bernama Genetro Suryo U.E.V 6 sebelumnya telah menorehkan prestasi dengam berhasil menyabet juara satu pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 dalam Kategori Urban Listrik. 

“Perolehan kami berada pada nilai 335,09 KM/KWH yang memecahkan rekor Asia dan dunia,” kata Pembina Mekatronic.  Mohammad Jufri. 

Tim-Mekatronic-UMM-3.jpg

Sementara itu, Rektor UMM Fauzan, berpesan pada tim untuk terus optimis. Ia juga meminta para mahasiswa untuk tidak minder dan selalu percaya diri. 

"Harus berani, berani berangkat, berani juara.Sepertinya itu hal yang sepele, tetapi itulah kekuatan yang sebenarnya,” katanya.

Selain itu, Rektor UMM juga menyebutkan selain diikutsertakan dalam kompetisi internasional SEM Asia 2019, mobil hemat energi, juga akan dipamerkan dalam program gelar produk akademik. Tujuannya agar  produk-produk akademik dosen dan mahasiswa akan ditawarkan ke perusahaan dan industri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES