Indonesia Positif

Ikut JKN-KIS BPJS Kesehatan, Tenang Nikmati Masa Tua

Senin, 25 Maret 2019 - 18:10 | 96.33k
Indrawati bersama cucu. (FOTO: Anggun/AJP TIMES Indonesia)
Indrawati bersama cucu. (FOTO: Anggun/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Tidak ada yang lebih berharga di dunia ini kecuali kesehatan. Hal inilah yang menjadi motivasi Indrawati untuk tetap menjaga kesehatan dirinya. Saat dikunjungi Tim BPJS Kesehatan di kediamannya, Senin (25/3/2019), Indrawati menceritakan mengapa sangat memperhatikan kondisi kesehatannya.

Perempuan berusia 57 tahun ini telah mengidap penyakit Diabetes Mellitus (DM) sejak 17 tahun silam.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kronis dan juga 10 dari penyakit penyebab kematian di Indonesia bahkan di dunia.

“17 tahun bukan waktu yang singkat, tapi saya bersyukur karena masih bisa bertahan hidup melihat anak dan cucu saya hingga saat ini, bercanda tawa dengan mereka. Ya semua ini berkat perjuangan dan kesabaran untuk rutin kontrol dan benar-benar menjaga pola makan saya. Untungnya saya punya JKN-KIS sejak saya dan almarhum suami masih menjadi PNS,” terang Indrawati sambil memangku cucu tersayangnya.
 
Indrawati menambahkan bahwa dirinya merasa tenang menjalani usia lanjutnya karena memiliki JKN-KIS.

Dengan dukungan penuh anak-anak serta cucunya, dia menjalani kontrol rutin secara berkala di dokter keluarga tempat terdaftar dan jika keadaan tidak stabil diberikan rujukan ke Faskes Lanjutan atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan spesialis.

“Punya JKN ini seperti punya payung. Kalau hujan bisa digunakan untuk melindungi diri kita, kalau tidak hujan buat jaga-jaga. Sama seperti jika kita sakit, tinggal tunjukkan kartu JKN milik kita, ikuti prosedur yang ada, insyaallah akan mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Selain tertib untuk melakukan kontrol, Indrawati juga menceritakan bahwa dirinya mengikuti Klub Prolanis di Faskes Tingkat Pertama tempat dia terdaftar.

Klub Prolanis merupakan sebutan perkumpulan para peserta yang memiliki penyakit kronis dan dikelola oleh dokter FKTP-nya. Ini merupakan salah satu program JKN dari sisi promotif dan preventif.

Di Klub Prolanis tersebut banyak kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi para penyandang penyakit kronis lainnya seperti pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan, dan senam prolanis bagi para lansia.

“Ya enaknya ikut perkumpulan ini, selain kami dikontrol kesehatannya oleh para medis di sana, kami bertemu dengan teman-teman baru dan bahkan bisa sama-sama memberikan motivasi. Ini yang bikin usia awet, hehe," candanya.

Dipenghujung pertemuan, Indrawati menyampaikan harapannya terhadap program JKN ini.

“Program BPJS Kesehatan ini semakin bertambah usia semakin baik, dari sisi pelayanan mengalami perkembangan yang cukup pesat baik, dari sisi manfaat tidak dipungkiri banyak masyarakat yang telah menjadi peserta JKN terbantu dan meringankan beban mereka. Saya berharap program ini kita bisa saling menjaga agar tetap ada hingga cucu atau keturunan kita nantinya juga bisa menikmati program yang sangat bermanfaat ini," pesan Indrawati dengan mata berbinar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES