Peristiwa Nasional

Survei: Publik Puas atas Kinerja Pemerintahan Jokowi-JK

Senin, 25 Maret 2019 - 17:03 | 107.77k
Direktur Utama Charta Politika, Yunarto Wijaya. (FOTO: MSN.com)
Direktur Utama Charta Politika, Yunarto Wijaya. (FOTO: MSN.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hasil survei lembaga Charta Politika menunjukkan sebagian besar responden puas atas kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Pemerintahan Jokowi-JK).

"Evaluasi kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Jokowi, sebanyak 65,9 persen responden menilai puas dan 29,8 persen menyatakan tidak puas," kata Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Charta Politika dalam konferensi pers, Senin (25/3/2019) di Jakarta.

Yunarto menjelaskan, angka 65,9 terdiri atas 51,1 persen menyatakan cukup puas, dan 14,8 persen sangat puas.

Sedangkan 29,8 persen yang menyatakan tidak puas atas kinerja Pemerintahan Jokowi-JK, terdiri dari 27,1 persen kurang puas dan 2,6 persen tidak puas sama sekali.

Ia menunjukkan juga, bidang pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kepuasan tertinggi yaitu 62,9 persen dan tidak puas 28,5 persen.

Sementara dari sektor pemberantasan korupsi, tingkat kepuasan masyarakat mencapai 59,4 persen dan 28,7 persen menyatakan tidak puas. 

"Kepuasan masyarakat di isu keamanan dan penegakan hukum sebesar 57,8 persen serta yang menyatakan tidak puas sebesar 31,5 persen," ujarnya.

Soal isu harga kebutuhan pokok, kata Yunarto, sebesar 48,8 persen menyatakan tidak puas atas kinerja Jokowi, dan 43,8 persen menyatakan puas.

"Persoalan yang dianggap paling pokok yang dihadapi, mayoritas masyarakat menyatakan harga kebutuhan pokok dan kesulitan mencari lapangan kerja," katanya lagi.

Hasil survei juga menunjukkan, harga kebutuhan pokok yang mahal menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat saat ini, dengan persentase 36,3 persen. Urutan kedua yaitu susah mencari lapangan kerja, persentasenya 17 persen.

Kemudian, biaya biaya pendidikan dasar dan menengah yang mahal sebesar 8,3 persen, dan konflik antarumat beragama sebesar 3,8 persen.

Survei dilakukan oleh Charta Politika pada 1 Maret - 9 Maret 2019, dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner terstruktur terhadap 2.000 orang yang sudah berusia 17 tahun atau terdaftar sebagai pemilih. 

Dalam survei lembaga Charta Politika yang menunjukkan sebagian besar puas atas kinerja Pemerintahan Jokowi-JK, menggunakan metode penarikan sampel secara acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES