Gaya Hidup

Ingin Bayi Lahir Sehat, Ini Saran Kepala DKP Malang pada Ibu Hamil

Senin, 25 Maret 2019 - 15:14 | 94.05k
Kepala DKP Kabupaten Malang M Nasri Abdul Wahid (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Kepala DKP Kabupaten Malang M Nasri Abdul Wahid (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKepala DKP Malang Ir M Nasri Abdul Wahid berbagi tips kepada ibu hamil untuk mengonsumsi tujuh jenis makanan agar melahirkan bayi yang sehat.

Tujuh jenis kriteria makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil, kata Nasri, yakni bergizi, berimbang, aman, beragam, berprotein, memiliki karbohidrat tinggi dan mengandung unsur gula yang cukup.

"Sekarang banyak ibu hamil tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Seperti mengkonsumsi bakso yang memiliki pengawet berbahaya bagi janinnya," ujar Nasri kepada TIMES Indonesia, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan, kebiasaan buruk dari ibu hamil yang mengkonsumsi makanan tidak sehat, harus segera dihentikan.

Karena itu bisa membahayakan janin yang dikandungnya. Selain itu, janin membutuhkan gizi tinggi.

"Biasanya saat mengandung, nasib ada ibu hamil kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Terutama ibu hamil pertama kali," urainya.

Maka dari itu, pihaknya yang bertanggungjawab mengenai pangan, juga turut memberikan tips maupun anjuran kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi.

"Kami memiliki kewajiban untuk menginformasikan makanan yang sehat dan wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini selaras dengan program seribu hari pertama kehamilan makanan wajib yang dikonsumsi," tuturnya.

Kriteria makanan yang dikonsumsi dia menyebut, seperti memiliki kandungan susu, daging dan sayur mayur.

Kemudian meminimalisir mengkonsumsi makanan yang memiliki zat berbahaya bagi ibu hamil.

"Makanan yang bahaya bagi ibu hamil seperti memiliki pengawet. Selain bakso ada banyak makanan lain memiliki  kandungan pengawet seperti cilok dan es yang menggunakan perwarna," paparnya gamblang.

Apabila ibu hamil tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi, maka dikhawatirkan akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. Bahkan bisa jadi bayi yang dikandung akan mengalami cacat hingga kurang gizi

"Maka dari itu, kami bersama Dinas Kesehatan dan Dinas KB terus memberikan wawasan serta tips kepada masyarakat terutama ibu hamil, tentang kriteria makanan yang layak konsumsi," terang Kepala DKP Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES