Politik Jokowi-Makruf Amin

Kampanye Terbuka di Banyuwangi, Jokowi Lihai Berbahasa Using Banyuwangi

Senin, 25 Maret 2019 - 14:17 | 42.47k
Capres petahana, Jokowi saat kampanye terbuka di Taman Blambangan, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Capres petahana, Jokowi saat kampanye terbuka di Taman Blambangan, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kedatangan Capres petahana Jokowi (Joko Widodo) ke Banyuwangi, Jawa Timur, dalam Kampanye Terbuka, terasa cukup dekat di masyarakat setempat. Terlebih dalam orasi politiknya, Jokowi dengan luwes dan lihai menyapa ribuan pendukungnya dengan bahasa Using. Yakni bahasa tradisional Banyuwangi.

“Kelendi kabare,” katanya dengan logat Banyuwangian, Senin (25/3/2019).

Mendengar ucapan sapa tersebut, sontak massa langsung bersorak sorai dilanjut kompak membalas salam. Apalagi penampilan Jokowi kali ini memang Banyuwangi banget. Bukan hanya bersapa bahasa Using, udeng khas Banyuwangi juga dia sandang.

“Apik-apik wae,” teriak massa membalas salam Jokowi.

Salam dengan bahasa lokal Bumi Blambangan ini, menjadi pembuka pidato kampanye Jokowi. Dia menegaskan bahwa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku dan bahasa. Namun, semua tetap dalam satu ikatan Pancasila.

“Banguwangi adalah salah satu contoh miniaturnya Indonesia, banyak suku. Namun tetap rukun, tetap merasa saudara sebangsa dan setanah air, itulah salah satu contoh yang harus kita rawat dan kita pelihara,” ucapnya.

Jokowi berpesan, dalam momentum Pemilu, perbedaan pilihan adalah sebuah kewajaran yang harus dihargai. Karena itu dia berharap, kekompakan, kerukunan serta silaturahmi yang selama ini terjalin, tidak pudar hanya lantaran berbeda pilihan.

“Meskipun ada perbedaan pilhan tetapi harus tetap menjaga silahturahmi sesama,” pesannya.

Kampanye Terbuka Capres Nomor Urut 01, Jokowi, di Taman Blambangan, Banyuwangi ini juga diramaikan sejumlah tokoh, seperti Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Dewan Pembina JKSN Jokowi-Maruf Amin, Yenny Wahid. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoe,Ketua TKN Erick Thohir. Bupati Banyuwangi Azwar Anas dan jajaran Tim Kemenangan Daerah. Termasuk kalangan pengurus Projo Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES