Peristiwa Daerah

Dra Hj Dewanti Launching Ojek Online Angkutan Sampah Plastik Gratis di Kota Batu

Senin, 25 Maret 2019 - 13:43 | 73.83k
Tiga motor gerobak sampah yang akan digunakan untuk ojek online di Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Tiga motor gerobak sampah yang akan digunakan untuk ojek online di Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si me-launching layanan Ojek Online Angkutan Sampah Plastik Gratis untuk masyarakat Kota Batu, Senin (25/3/2019), di Balai Kota Among Tani Kota Batu.

Layanan antar jemput sampah  ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum maupun Bank Sampah dengan syarat minimal sampah yang bisa diangkut 5 hingga 10 kilogram sampah.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan sarana dan prasarana serta sumberdaya manusia di Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Batu melalui sms, telpon atau WhatsApp pada hotline service: 0812-4925-5861.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Batu menyerahkan rompi, helm dan daftar harga sampah plastik. Wali Kota Batu mengharapkan agar upaya proaktif pemerintah ini dibarengi kesadaran masyarakat.

“Kita menyadarkan masyarakat membuang sampah pada tempat, kelola sampah dengan baik, ini salah satu cara kita untuk membantu masyarakat dengan cara menjemput sampah yang sudah mereka pilah,” kata Dewanti.

Dalam apel tersebut juga dilakukan penandaan pemberlakuan Instruksi Wali Kota Batu nomor 3 tahun 2019 tentang perwujudan Balai Kota Among Tani bebas plastik.

Penandaan ini disertai dengan penyerahan secara simbolis tumbler dan totebag serta papan himbauan untuk dipasang di Balai Kota Among Tani Kota Batu.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Sidiq mengatakan bahwa Ojek Online Angkutan Sampah Plastik ini akan membantu masyarakat dalam mengolah sampah.

“Sampah akan diambil oleh petugas DLH dengan sarana yang kita siapkan. Teknisnya petugas menunggu informasi sms atau WA, jika ada 5 hingga 10 kilogram, silakan menghubungi driver online kami, disana kita langsung timbang dan langsung diberikan dana,” ujarnya.

Arif mengatakan harga sampah lebih bagus ketimbang  di tukang loak. Hal ini dilakukan untuk, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dimana selama ini, sampah dibuang begitu saja, kini bisa dikumpulkan dan memiliki manfaat ekonomis, selain bisa mengurangi sampah.

Pada masing-masing kecamatan nanti akan diberi tiga motor gerobak Ojek Online Sampah, artinya nanti di Kota Batu terdapat 9 motor gerobak sampah.

Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si me-launching layanan Ojek Online Angkutan Sampah Plastik Gratis untuk masyarakat Kota Batu, Senin (25/3/2019) di Balai Kota Among Tani Kota Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES