Peristiwa Daerah

Sosialisasikan Gemarikan, Dosen UNU Purwokerto Ajarkan Pembuatan Nugget Lele 

Senin, 25 Maret 2019 - 09:13 | 76.22k
Pelatihan pembuatan nugget lele oleh Dosen UNU Purwolerto Prodi Ilmu Perikanan kepada siswa SD dan Paud. (Foto: Prodi Ilmu Perikanan UNU Purwokerto)
Pelatihan pembuatan nugget lele oleh Dosen UNU Purwolerto Prodi Ilmu Perikanan kepada siswa SD dan Paud. (Foto: Prodi Ilmu Perikanan UNU Purwokerto)

TIMESINDONESIA, PURWOKERTO – Dosen UNU Purwokerto Prodi Ilmu Perikanan terus mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Kali ini, sosialiasi melibatkan siswa PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan siswa SD (Sekolah Dasar) dengan pelatihan pembuatan nugget ikan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis (21/03/2019) pagi itu bertempat di Ruang Puri Harmoni, Sekolah Alam Banyu Belik.

Dewi Kresnasari, S.Pi., M.Si ketua pelaksanaan kegiatan menjelaskan, acara ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu implementasi dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pelatihan-pembuatan-nughet-lele-b.jpg

"Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak anak-anak untuk gemar makan ikan. Gemarikan merupakan gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan," jelasnya.

Dalam sosialisasi ini, tim menjelaskan, mengenai pentingnya makan ikan, seperti kandungan nilai gizi yang sangat tinggi dan lengkap. Baik protein, mineral, vitamin dan lemak dengan asam lemak tidak jenuh.

"Selain itu mengkonsumsi ikan bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak," kata Dewi.

Apalagi, di daerah Purwokerto khususnya daerah Beji memiliki banyak pilihan komoditas ikan, khususnya ikan air tawar sehingga sangat miris jika masyarakat Purwokerto tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi dari ikan yang sangat mudah didapatkan.

Dewi menambahkan, salah satu cara agar anak-anak gemar makan ikan yaitu dengan mengolahnya membentuk nugget ikan.

"Selain lebih kekinian,  kekhawatiran akan tersedak duri akan terhindar," ucapnya.

Nugget ikan ini bisa berasal dari Ikan Lele dimana ikan ini mempunyai harga yang murah di pasaran yaitu Rp. 20.000/kg.

Bahan yang digunakan pada pembuatan nugget ini berasal dari rempah-rempah alami, wortel, susu kedelai dan telor.

"Nugget ikan ini aman dikonsumsi “anak-anak special” karena tanpa adanya campuran tepung terigu dan bahan-bahan pengawet," ucap Dewi.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Alam Banyu Belik, Bunda Umi, menyambut baik kegiatan yang dinilai sarat manfaat tersebut.

Bahkan makan ikan harus dibiasakan sejak usia dini. Terlebih ikan dapat disajikan dengan berbagai menu dan olahan agar disukai dan tidak membosankan.

"Gerakan ini sangat positif sekali dan diharapkan pelatihan pembutan nugget ikan dapat diterapkan oleh siswa, sehingga dapat mengasah kemandiriannya.

Sementara itu, rangkaian sosialisasi Gemarikan oleh Dosen UNU Purwokerto tersebut selain diisi dengan pelatihan pembutan nugget juga diisi pula dengan kuis, pembagian pin “Mari Makan Ikan”, pengisian kuesioner dan pemutaran film yang berkaitan dengan makan ikan hingga makan olahan nugget lele secara bersama-sama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES