Kesehatan

Empat Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Apa Saja?

Senin, 25 Maret 2019 - 06:34 | 85.23k
Asam urat. (FOTO: Halodoc)
Asam urat. (FOTO: Halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Asam urat kini tak hanya dialami orang-orang di atas 40 tahun. Banyak orang-orang yang masih muda pada rentang usia 20-30 tahun mengalami gangguan kesehatan ini. Apa penyebab asam urat di usia muda?

Dilansir dari Klik Dokter, seseorang bisa dengan mudah memiliki kadar asam urat yang tinggi jika memiliki riwayat asam urat dalam keluarga, memiliki berat badan berlebih, jenis kelamin, tekanan darah tinggi, diabetes, serta memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol dan makanan yang tinggi purin.

1. Jenis kelamin

Asam urat memang diketahui lebih sering terjadi pada pria. Namun, setelah wanita mencapai usia menopause, mereka pun lebih berisiko mengalami penyakit tersebut.

2. Riwayat keluarga

Faktor ini juga harus diperhatikan, karena penyakit ini bisa diwariskan. Jika ada anggota keluarga inti yang memiliki asam urat, risiko Anda mengalaminya pun berlipat ganda.

3. Kelebihan berat badan

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas membuat tubuh lebih banyak memproduksi asam urat. Kondisi ini menyebabkan ginjal untuk membuang asam urat tersebut, sehingga kadarnya dalam tubuh berlebihan.

4. Pola makan

Risiko asam urat akan meningkat jika Anda hobi mengonsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut, jeroan, kacang-kacangan seperti kacang merah, termasuk minuman beralkohol atau minuman yang mengandung pemanis fruktosa.

Itulah beberapa penyebab asam urat bisa menyerang mereka yang berusia muda. Jika tak ingin mengalami gangguan kesehatan ini,  menerapkan pola hidup sehat adalah cara yang tepat. Selain itu, lakukan juga pemeriksaan kesehatan secara rutin guna mencegah terjadinya komplikasi dari asam urat, seperti batu ginjal maupun peradangan sendi yang dapat menyebabkan deformasi tulang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES