Kesehatan

Tiga Pilihan Makanan Sehat Pengganti Nasi Putih

Senin, 25 Maret 2019 - 02:42 | 99.77k
Makan nasi putih. (FOTO: The Independen)
Makan nasi putih. (FOTO: The Independen)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nasi putih memang menjadi sumber karbohidrat utama, tapi nasi juga cepat menaikkan gula darah. Sebagai alternatifnya, Anda bisa pilih salah satu makanan sehat pengganti nasi putih. Pengganti nasi putih yang lebih sehat idealnya harus tinggi karbohidrat kompleks. Makanan sumber karbohidrat kompleks memiliki nilai indeks glikemik rendah, namun tinggi serat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan terjauhkan dari ngidam makan junk food.

Berikut ini beberapa pilihan karbohidrat sebagai pengganti nasi putih yang bisa Anda konsumsi sehari-hari, dilansir dari Hello Sehat.

1. Nasi merah

Nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dari nasi putih. Per 50 gram nasi merah memiliki kandungan serat 3,5 gram, sedangkan nasi putih memiliki kandungan serat 0,6 gram. Kandungan serat yang tinggi ini akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan berlebihan.

Selain itu, nasi merah juga memiliki kandungan vitamin B yang lebih tinggi dari nasi putih. Vitamin B merupakan salah satu vitamin yang paling penting untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi putih, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B lebih banyak.

2. Roti gandum utuh (whole wheat)

Roti gandum memiliki kalori dan indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Hal ini membantu agar gula darah Anda tidak cepat naik dan juga mencegah lapar datang lebih cepat.

Roti gandum juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, magnesium, zinc, fosfor, vitamin E dan folat.

3. Kentang

Kentang juga merupakan salah satu makanan sehat yang bisa menjadi pengganti nasi putih. Kentang memiliki kalori dan indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih, tetapi sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan nasi merah. Kentang juga mengandung serat yang lebih tinggi daripada nasi putih, apalagi jika dimakan dengan kulitnya. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B6, tiamin, riboflavin, folat, dan vitamin C. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES