Peristiwa Nasional

Deklarasi Rabu Putih, Inilah Pernyataan Sikap GP Ansor untuk Pemilu 2019

Minggu, 24 Maret 2019 - 17:26 | 210.44k
Ketua Umum PP GP Anosr, H Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Ketua Umum PP GP Anosr, H Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jelang Pelaksanaan Pemilu 2019, GP Ansor menggelar deklarasi yang dinamai ‘Deklarasi Rabu Putih’. Deklarasi tersebut berkaitan dengan maraknya hoaks, jelang Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan 17 April 2019 mendatang.

“Berkaitan dengan maraknya hoaks, fitnah dan ujaran kebencian yang mewarnai kontestasi politik dalam beberapa bulan terakhir, khususnya di media sosial, serta adanya isu akan terjadi kerusuhan dan intimidasi dari kelompok tertentu pada Pemilu 2019 ini, maka Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor menyatakan sikap dalam bentuk deklarasi Rabu putih,” tegas Ketua Umum PP GP Anosr, H Yaqut Cholil Qoumas, Minggu (24/3/2018).

 

Dalam rilis yang dikirim ke TIMES Indonesia, isi Deklarasi Rabu Putih itu ditetapkan di Bojonegoro, 24 Maret 2019. Adapun isi deklarasi tersebut adalah:  

  1. GP Ansor memandang fenomena maraknya hoaks, fitnah dan ujaran kebencian telah mengakibatkan masyarakat terbelah dan mulai timbul rasa saling tidak percaya di tengah masyarakat. Jika hal demikian dibiarkan terus berlangsung, maka akan merusak tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. GP Ansor mengajak masyarakat Indonesia memerangi hoaks, fitnah dan ujaran kebencian dan menciptakan kesejukan di sisa 24 hari jelang pemungutan suara Pemilu 2019.
  3. GP Ansor meminta masyarakat tidak mempercayai isu akan adanya kerusuhan menjelang, saat dan paska Pemilu 2019, dan tidak perlu khawatir akan adanya intimidasi dari kelompok tertentu.
  4. GP Ansor mendorong sekaligus percaya Polri dibantu TNI bertindak profesional dalam menjamin stabilitas politik dan keamanan Pemilu 2019. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau tidak perlu ragu menggunakan hak pilih mereka pada 17 April 2019 mendatang.
  5. Pimpinan Pusat GP Ansor menginstruksikan kepada semua kader GP Ansor dan Banser untuk membantu Polri dan TNI mengamankan situasi hari pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS-TPS seluruh Indonesia.
  6. Demi mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan demokratis, GP Ansor mendeklarasikan gerakan “Rabu Putih”, yaitu sebuah gerakan masyarakat yang bertujuan memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih Indonesia datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya/mencoblos pada Pemilu 17 April 2019 secara bebas dan nyaman, tanpa rasa takut atau merasa terintimidasi oleh kelompok mana pun.

Deklarasi Rabu Putih itu ditanda tangani oleh Ketua Umum PP GP Anosr, H Yaqut Cholil Qoumas dan Sekretaris Jenderal PP GP Ansor, Abdul Rochman.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES