Peristiwa Daerah

Edukasikan Jenis Lukisan, Komunitas SIRR Tuban Gelar Pameran Selang-seling

Minggu, 24 Maret 2019 - 16:46 | 128.60k
Pameran lukisan yang diselenggarakan Komunitas SIRR Tuban di Perpusda Tuban, Minggu, (24/03/2019) (Foto: Achmad Choirudin/TIMESIndonesia)
Pameran lukisan yang diselenggarakan Komunitas SIRR Tuban di Perpusda Tuban, Minggu, (24/03/2019) (Foto: Achmad Choirudin/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Sekumpulan anak muda yangg tergabung dalam Komunitas SIRR menggelar pameran seni rupa tengan tajuk "selang-seling" di Perpusda (Perpustakaan Daerah) Kabupaten Tuban Bumi Wali, pada tanggal (23-29/03/2019). Pameran Selang Seling tersebut merupakan salah satu bagian dari upaya pemuda penggiat seni Tuban, untuk mengedukasi masyarakat tentang jenis-jenis lukisan.

Kurator Pameran Seni Rupa Selang-seling, Muhammad Nahrus Sodiq, menyampaikan, ada 4 orang perupa yang mengikuti pameran tersebut, yaitu Rezo Masduki, Siswani, Rizky Nugroho dan seniman ternama Imam Sucahyo yang pernah mengikuti pameran hingga ke luar negeri seperti Perancis, Jepang dan Australia.

"Pelukis ini rela menyempatkan waktunya untuk menggandeng para seniman New Comers untuk memotivasi mereka dalam pameran ini," kata Nahrus pemuda kelahiran Montong, Tuban ini.

Dalam pameran ini, setiap pelukis menunjukan karakteristik dari masing-masing hasil karya lukisan mereka, dan juga menimbulkan ritme yang berbeda namun dinamis.

"Total ada 50 lebih karya lukisan yang dipamerkan mas," imbuhnya.

Guna melengkapi nilai edukasi dalam acara tersebut. Panitia juga menggelar Workshop pengenalan seni rupa dasar yang akan digelar pada hari senin-selasa, (25-26 Maret 2019).

Tidak tanggung-tanggung materi dalam workshop tersebut adalah standar dasar dalam akademi seni rupa. "Ada tiga materi dasar yaitu, sketsa, nirmana, dan drawing serta diakhiri dengan praktek pengemasan karya hingga siap dipamerkan," tambahnya.

Sementara itu, Kasi Kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban, Edi Basuki, menyampaikan, Pemkab mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih pada seniman yang menggelar kegiatan pameran yang positif.

"Kami berterimakasih karena sudah membentuk kegiatan yang mengarah pada penguatan Tuban menjadi kota literasi," kata Edy.

Diharapkan, kegiatan seperti Pameran Selang Seling yang digagas Komunitas SIRR bisa terselenggara tidak hanya sekali, namun bisa secara berkelanjutan. "Kami dari Pemkab siap memfasilitasi," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES