Ekonomi

Kerajinan Kulit di Magetan Menjadi Incaran para Pelancong

Minggu, 24 Maret 2019 - 10:35 | 66.20k
Salah seorang pengrajin sepatu kulit sedang melakukan finishing (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Salah seorang pengrajin sepatu kulit sedang melakukan finishing (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Selain terkenal akan potensi alamnya yang indah, Kabupaten Magetan, Jawa Tinur, juga kaya akan kerjanan kulit yang kerap menjadi incaran para pelancong. Salah satunya, pusat kerajinan kulit Jamrud yang berada di kawasan kota Magetan.

Di sana, pengunjung dapat melihat langsung pembuatan bermacam produk berbahan dasar kulit. Seperti, sepatu dan sandal dengan berbagi model yang menarik dan serba kekinian.

"Yang paling laris adalah sepatu kulit, pembelinya ada yang datang langsung dan juga lewat online, kebanyakan dari luar Magetan," ujar Kirana Wulan, pemilik usaha kerajinan kulit Jamrud kepada TIMES Indonesia, Minggu (24/3/2019).

Menurut Wulan, produk kerajinan kulit asli Magetan mempunyai kualitas yang tinggi jika dibandingkan dengan kota lainnya. Tentunya, hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan.

"Sudah banyak yang membuktikan kalau buatan Magetan bisa awet bertahun-tahun," terangnya.

Disisi lain, usaha kerajinan kulit di Magetan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sehingga, dapat dijadikan sebagai penghasilan tetap bagi masyarakat setempat.

"Hasilnya ya lumayan kalau ditekuni, misalnya kalau punya modal Rp 2-4 juta, nanti bisa untung sampai kisaran Rp 6 juta per bulan, tapi kalau modal semakin banyak ya dapatnya lebih dari itu," ungkapnya.

Nah, bagi yang masih penasaran bisa datang langsung ke Kabupaten Magetan, Jawa Timur, anda akan menjumpai banyak perajin kulit. Mulai dari sentra kerajinan kulit di Jalan Sawo, Kelurahan Selosari, hingga seputaran kawasan kota Magetan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES