Gaya Hidup

Cara Ampuh Menambah Berat Badan dengan Aman

Minggu, 24 Maret 2019 - 02:29 | 70.63k
Ilustrasi - Menambah berat badan (FOTO: abatasa)
Ilustrasi - Menambah berat badan (FOTO: abatasa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda ingin menambah berat badan tapi tidak malas makan? Padahal salah satu cara untuk menambah berat badan adalah makan lebih banyak. Tak perlu khawatir, masih ada banyak cara untuk menambah berat badan seperti yang Anda inginkan tanpa kekurangan nutrisi makanan.

Berikut ini lima cara menaikkan berat badan yang bisa Anda lakukan jika sering malas makan.

1. Makan sedikit tapi sering

Orang yang tidak suka makan akan sulit mematuhi aturan makan 3 kali sehari. Apalagi jika Anda harus menghabiskan satu porsi normal dalam sekali makan.

Sebagai solusinya, coba ganti dengan porsi makanan yang lebih kecil tapi sering. Berikan jeda waktu 2-3 jam supaya Anda bisa lebih sering makan walaupun harus sedikit demi sedikit.

2. Makan perlahan

Hindari makan buru-buru. Makan perlahan bisa membuat Anda lebih menikmati makanan yang disantap. Tubuh juga akan menyerap nutrisi dengan lebih maksimal, dalam hal ini termasuk karbohidrat dan protein, sehingga bisa membantu menaikkan berat badan Anda.

Saat waktu makan tiba, sebaiknya matikan TV dan jauhi HP dari genggaman Anda. Sebab, hal-hal yang seperti ini bisa mendistraksi pikiran dan bikin tidak fokus makan. Yang ada, Anda akan terus-terusan main HP dan menyisakan makanan karena keburu kenyang.

3. Perbanyak karbohidrat dan protein

Supaya berat badan cepat bertambah, perbanyaklah asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Melansir dari Sherpherd Center, karbohidrat dan protein berperan penting untuk membentuk energi dan massa otot tubuh. Dua jenis nutrisi ini akan menghasilkan kalori yang dapat l membantu menambah berat badan Anda secara perlahan.

Beragam makanan sumber protein meliputi daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu. Bila perlu, Anda juga bisa minum suplemen yang mengandung whey protein untuk membantu memenuhi kebutuhan protein Anda.

4. Tambah rempah-rempah ke dalam makanan

Hilangnya nafsu makan juga bisa menjadi alasan kenapa Anda jadi jarang makan. Nah, untuk mengatasinya, coba tambahkan saus atau rempah-rempah ke dalam masakan, seperti bawang putih, kunyit, jahe, kayu manis, dan sebagainya. Semakin makanan terasa enak, maka Anda tentu akan semakin mudah menghabiskannya.

Hindari bahan makanan atau rempah-rempah yang berbau menyengat, jika Anda tidak menyukainya. Alih-alih merangsang nafsu makan, hal ini justru membuat Anda semakin tidak doyan makan dan akhirnya gagal menaikkan berat badan.

5. Pilih camilan yang padat gizi

Kebiasaan ngemil bisa menjadi alternatif cara menaikkan berat badan yang mudah dan efektif. Kuncinya adalah pilihlah jenis camilan yang mengandung padat energi dan protein supaya jumlah kalori dalam tubuh lebih cepat naik.

Ada banyak jenis camilan sehat yang bisa Anda pilih, mulai dari kacang-kacangan, buah potong, roti panggang, atau salad. Jika Anda tertarik untuk makan buah, pilih jenis buah yang tidak membutuhkan terlalu banyak mengunyah. Contohnya pisang, alpukat, atau jeruk.

Dengan begitu, Anda tetap bisa makan sedikit demi sedikit dan mendapatkan nutrisi makanan secara maksimal. Perlahan tapi pasti, hal ini dapat membantu menambah berat badan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES