Ekonomi

Diserbu Warga, Tumpeng Pudak Tandai Pembukaan Bazar UMKM Gresik

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:48 | 68.33k
Camat berserta Muspika Manyar saat membuka acara dengan ditandai memakan kue pudak khas Gresik (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Camat berserta Muspika Manyar saat membuka acara dengan ditandai memakan kue pudak khas Gresik (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKTumpeng pudak, kue tradisional khas Kabupaten Gresik, Jawa Timur mewarnai pembukaan bazar UMKM Gresik. Gunungan berisi seribu pudak itu diserbu warga yang hadir. Tak lebih dari sepuluh menit, kue berbahan dasar tepung beras itu ludes.

Pembukaan kegiatan bertajuk "Herbangin Bazaar UMKM & Mendem Duren 2019" di jalan Jakarta, GKB Gresik, Sabtu (23/3/2019) sore dibuka oleh Camat Manyar Suyono beserta Muspika.

Hadir dalam kegiatan tersebut eks vokalis Boomerang Roy Jeconiah dan Cak Sodig New Monata menambah meriah pembukaan. Mereka berdua memanjakan pengunjung dengan lagu khas, Roy dengan suara rock dan Cak Sodiq dengan membawakan lagu dangdut religi.

Dalam sambutannya, Camat Suyono mengatakan, alasan menghadirkan pudak dalam pembukaan acara karena kue karena pudak salah satu makanan tradisional khas Kabupaten Gresik.

Muspika-Manyar2.jpg

Dirinya menambahkan, kegiatan ini digagas untuk memeriahkan HUT Pemkab Gresik ke-45 dan Kota Gresik ke-532.

"Pembukaan ditandai dengan gunungan Pudak, kami sangat mendukung, ya ini slametane Rek, banca'an Pudak rame- rame, tak dungakno stand-standnya rame kabeh," ujar Camat yang disambut pekik "Aaminn" dan tepuk tangan dari deretan undangan dan pengunjung.

Setelah Muspika Manyar menguntir Pudak dari gunungan setinggi tiga meter, dipersilakan masyarakat mengambil gratis. Spontan pengunjung menyerbu panggung.

Camat berharap, kegiatan yang digagas bisa menumbuhkan ekonomi kerakyatan disekitar lokasi. Dia membeberkan, dalam even ini, selain meriah ada puluhan PKL serta pelaku usaha asli Gresik ikut ambil bagian.

Muspika-Manyar3.jpg

"Tentu kami berharap agar even ini bisa kembali digelar. Selain tidak memakai dana APBD, kegiatan ini merupakan acara untuk memeriahkan hati jadi Gresik," tambah dia.

Senada dengan Camat, Kades Yosowilangun Kecamatan Manyar Iriana Yudhaningsih juga menyambut positif kegiatan bazar UMKM dan Mendem Duren di Jalan Jakarta.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan acara yang bermanfaat bagi masyarakat. "Banyak warga yang menghabiskan waktu, kalau ada even setiap malam disini ramai. Kami berharap kegiatan ini bisa digelar terus," ungkapnya, berharap.

Kegiatan bazar UMKM Gresik ini dalam rangka hari jadi Kabupaten Gresik ke 45 dan Kota Gresik ke-532. Even ini di sponsori oleh Herbangin Habbatussauda, serta didukung Bumi Lingga Pertiwi (BLP), JTV Surabaya, Josstoday dan media online berjejaring no.1 di Indonesia, TIMES Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES