Peristiwa - Daerah

Mangkrak Penentuan Tarif LRT dan MRT, Iwan Berharap dapat Ditetapkan di Rapimgab

Mangkrak Penentuan Tarif LRT dan MRT, Iwan Berharap dapat Ditetapkan di Rapimgab Kereta Cepat MRT Jakarta (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:33

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kereta cepat Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) memiliki nasib sama berupa tarif yang belum juga ditentukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sehingga berujung mangkraknya operasional secara komersial.

Semestinya, kedua moda transportasi ini sudah direncanakan beroperasi secara komersial di tahun 2019 ini. Misalnya, LRT yang ditargetkan pada Februari 2019. Sedangkan MRT direncanakan pada akhir Maret 2019 hingga mudur rencana pada April 2019. 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin berharap agar Pemprov DKI Jakarta bersama DPRD DKI Jakarta akan menetapkan tarif dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) yang direncanakan pada Senin (25/3/2019), terlebih pada LRT Jakarta.

"Nah hari Senin kita tunggu ini ada undangan rapat lagi dengan DPRD. Jadi masih ada kemungkinan (harga tiket) diputuskan hari Senin. kita tunggu aja keputusannya. Secara fisik pembangunan (Infrastruktur LRT) sudah rampung semua," ucap Iwan kepada wartawan saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

Selain itu, Iwan menjelaskan bahwa selama ini pihaknya terus mengevaluasi LRT Jakarta sambil menunggu hasil penetapan tarif. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, ia mengatakan bahwa LRT Jakarta sudah siap sepenuhnya secara fisik.

"Gimana mau beroperasi kalau tarifnya aja belum ada. Belum diputusin. Karena itu kita uji coba aja. Kita uji coba dan sosialisasi sambil melihat ada enggak potensi - potensi.  Kita cek ulang, ya persiapanlah untuk memastikan semuanya aman," jelasnya.

Sebagai informasi, kedua moda tansportasi berbasis kereta cepat tersebut masih didalami soal penentuan tarif oleh Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta. Direncanakan tarif tersebut akan ditetapkan dalam Rapimgab pada Senin (25/3/2019). (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration