Pendidikan

Menristekdikti Umumkan 92.331 Siswa Lulus SNMPTN 2019

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:23 | 57.45k
Menristekdikti Mohamad Nasir (kedua dari kiri) saat konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta. (Foto: Ivan Iskandaria/TIMES Indonesia)
Menristekdikti Mohamad Nasir (kedua dari kiri) saat konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta. (Foto: Ivan Iskandaria/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, mengumumkan 92.331 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019. Menristekdikti menjelaskan, dari jumlah siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, sebanyak 26.217, diantaranya merupakan siswa dari peserta beasiswa Bidikmisi. 

“Dari 478.608 pendaftar SNMPTN di tahun 2019 yang diterima 92.331 siswa pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia , dengan persentase 19,29 persen,” kata Menristekdikti saat konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (22/3). 

Lebih lanjut, Mohamad Nasir mengatakan, pada SNMPTN 2019 ini pemerintah memberikan bantuan afirmasi pendidikan kepada anak-anak TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri. Setidaknya ada 31 dari 80 siswa yang merupakan anak-anak TKI dari berbagai negara yang diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia melalui jalur SNMPTN.

"Afirmasi Pendidikan ini bertujuan memberikan akses pendidikan tinggi yang merata bagi seluruh warga negara indonesia, baik di luar atau di dalam negeri," ungkapnya.

Menristekdikti mengingatkan agar siswa yang lulus SNMPTN untuk segera mendaftar ulang di perguruan tinggi tempat diterima. Lebih lanjut Menteri Nasir menambahkan siswa yang telah diterima tidak diperkenankan untuk ikut SBMPTN 2019.

Ketua  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengungkapkan pengumuman hasil SNMPTN 2019 dapat diakses pada pukul 13.00 WIB melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id/ dengan cara memasukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SNMPTN. Pengumuman hasil seleksi ini juga dapat dilihat pada laman 12 laman PTN mirror lainnya, yaitu :

1.    http://snmptn.ui.ac.id 
2.    https://snmptn.undip.ac.id
3.    http://snmptn.ugm.ac.id
4.    http://snmptn.unair.ac.id
5.    https://snmptn.unsri.ac.id
6.    http://snmptn.untan.ac.id
7.    http://snmptn.itb.ac.id
8.    https://snmptn.its.ac.id
9.    http://snmptn.ipb.ac.id
10.    http://snmptn.unand.ac.id
11.    http://snmptn.unhas.ac.id
12.    http://snmptn.unsyiah.ac.id

Lebih lanjut Ravik Karsidi menuturkan, Kemenristekdikti dan LTMPT memberlakukan sistem kunci bagi calon mahasiswa yang telah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN agar tak mendaftar di SBMPTN. 

“Dari pengalaman sebelumnya, banyak siswa yang lolos seleksi SNMPTN mendaftar dan mengikuti seleksi SBMPTN. Akhirnya, kami kunci, yang sudah diterima di SNMPTN tidak bisa mendaftar SBMPTN," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES