Peristiwa Nasional

Ini Racun Demokrasi di Pemilu Serentak 2019 Menurut Mendagri RI Tjahjo Kumolo

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:42 | 52.08k
Mendagri Tjahjo Kumolo saat pimpin apel dan simulasi pemungutan suara Pemilu Serentak 2019 di Kantor Kemendagri, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Mendagri Tjahjo Kumolo saat pimpin apel dan simulasi pemungutan suara Pemilu Serentak 2019 di Kantor Kemendagri, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo dalam beberapa kesempatan selalu mengingatkan masyarakat, ASN, partai politik serta kandidat Pemilu Serentak 2019 untuk menghindari racun demokrasi

Tak terkecuali saat ia pimpin apel dan simulasi pemungutan suara Pemilu di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (22/3/2019). Namun, tahukah Anda, apa itu racun demokrasi yang dimaksud Mendagri Tjahjo Kumolo?. 

Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu menjelaskan, bahwa racun demokrasi meliputi, politik uang, ujaran kebencian, hoaks, fitnah, kampanye hitam, serta kampanye berbau Suku Ras Agama dan Antar golongan (SARA). 

"Ingatkan hindari  racun demokrasi, politik uang, kampanye ujaran kebencian, fitnah, hoaks. Tugas kita mengingatkan." ujar Tjahjo di hadapan jajaran ASN Kemendagri dan BNPP saat pimpin apel dan simulasi pemungutan suara Pemilu 2019.

Apel dan simulasi sendiri dimulai sekira pukul 15.45 WIB dan diikuti jajaran ASN di lingkungan Kemendagri dan BNPP. Selama apel berlangsung, para ASN membacakan ikrar yang berisi pernyataan sikap untuk netral serta  mensukseskan pemilu, dipimpin langsung Mendagri Tjahjo Kumolo.

Para ASN, selain dituntut netral, Mendagri Tjahjo juga meminta  ikut berperan aktif menyosialisasikan tata cara pemungutan suara (mencoblos) Pemilu 2019 kepada masyarakat di lingkungan keluagra masing-masing.

"Saya minta ASN untuk ikut sosialisasikan cara mencoblos kepada keluarga dan masyarakat di lingkungan masing-masing, kemudian mengajak mereka untuk hadir di tempat pemungutan suara memaksimalkan hak pilih," tutur dia.

Menurut Mendagri RI Tjahjo Kumolo, kunci sukses Pemilu Serentak 2019 adalah meningkatnya partisipasi masyarakat yang melebihi target KPU, sembari mengingatkan ASN untuk gencar memerangi racun demokrasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES