Ekonomi

Gunungan Seribu Pudak Warnai Pembukaan Bazar UMKM Gresik

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:25 | 145.70k
Muspika Kecamatan Manyar saat menikmati di even mendem duren beberapa bulan lalu (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Muspika Kecamatan Manyar saat menikmati di even mendem duren beberapa bulan lalu (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Gunungan seribu pudak akan mewarnai pembukaan bazar UMKM Gresik, Jawa Timur. Menurut rencana, even itu akan dibuka secara resmi oleh Camat Manyar, Suyono pada Sabtu (23/3/2019) besok sore.

Pameran UMKM dan Mendem Duren akan berlangsung selama delapan hari ke depan hingga Sabtu (30/3/2019) mendatang. Untuk even kali ini, panitia dari DMR Production melakukan hal unik. Mereka menyiapkan "Gunungan Pudak", yakni rangkaian kue tradisional khas Gresik, sebagai tanda dibukanya pameran.

TIMES-Indonesia-Bazar-UMKM-Gresik-2.jpg

Panitia pelaksana Gandung, mengungkapkan, adanya tumpeng dari kue khas berbahan tepung beras itu untuk menghadirkan kearifan lokal. Ada 1000 pudak yang dirangkai menjadi tumpeng.

"Setelah Pudak akan dipetik Pak Camat dan Muspika, nantinya kue pudak akan diserbu masyarakat secara gratis," ujarnya, Jumat (22/3/2019).

Dikatakan Gandung, Bazaar UMKM dan Mendem Duren 2019 digelar DMR Production dalam rangka ikut memeriahkan Hari Jadi Gresik. Kegiatan itu, murni swadaya dari sponsor dan penyewa stand, tanpa APBD Kabupaten Gresik.

Selain itu, acara ini juga akan memberdayakan PKL dan pelaku usaha kecil lainnya. Ada 80 stand PKL yang disiapkan panitia, tenda kerucut 3x3 Meter.

"Selama ini, 50-an PKL ini berjualan di Alun Alun, sekarang sudah tidak bisa, karena itu kami wadahi dalam pameran ini tentunya kami pilih PKL yang ber-KTP Gresik," imbuh Gandung.

Saat prosesi pembukaan Sabtu (23/3) besok sore, juga hadir bintang tamu jumpa fans dan akustikan, Roy Jeconiah, eks vokalis Boomerang. Dilanjutkan elektone musik relegi oleh Cak Sodig New Monata pada malam harinya.

Selama delapan hari pameran, panggung utama akan diisi pentas musik dangdut relegi serta Festival Anak Soleh asuhan Kak Andik.

"Kami mengucapkan terimakasih sudah didukung Pemkab Gresik dan BLP developer sebagai yang punya lokasi tempat pameran ini di jalan Jakarta GKB Gresik, pameran ini yang kedua, tahun lalu juga di Jalan Jakarta GKB ini," katanya.

Kegiatan Bazar UMKM Gresik ini disponsori tunggal Herbangin Habbatussauda, didukung TIMES Indonesia, JTV Surabaya, dan Josstoday . "JTV akan liputan khusus durasi setengah jam (30 menit) yang biayanya tidak dari APBD Pemkab Gresik, melainkan murni dari sponsor tunggal Herbangin," tambah dia. (*)

TIMES-Indonesia-Bazar-UMKM-Gresik-3.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES