Peristiwa Daerah

Soal Gempa NTB, Ini Penjelasan Danrem 162/WB ke Presiden RI Jokowi

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:49 | 48.85k
Danrem 162/WB  Kolonel Czi Ahmad Rizal saat memaparkan perkembangan proses percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah rusak terdampak gempa kepada Presiden RI Jokowi. (FOTO: Penrem WB for TIMES Indonesia)
Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal saat memaparkan perkembangan proses percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah rusak terdampak gempa kepada Presiden RI Jokowi. (FOTO: Penrem WB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAMDanrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani memberikan pemaparan kepada Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) tentang tahapan-tahapan pencairan bantuan korban gempa NTB yang sudah disederhanakan sehingga lebih efektif dan efisien.

Adapun tahapan-tahapan yang dimaksudkan antara lain korban gempa yang sudah memperoleh SK Bupati/Walikota membentuk Pokmas, fasilitator dan tim pendamping masyarakat sesuai dengan jenis kerusakan, menyiapkan kelengkapan adminsitrasi dan rencana anggaran biaya (RAB), persetujuan BPBD dan Dinas Perkim yang dilanjutkan pemeriksaan administrasi oleh Bank BRI sebelum pencairan.

"Apabila pihak Bank BRI sudah melakukan pemeriksaan dan dianggap lengkap sesuai dengan ketentuan, maka pihak BRI melakukan penerbitan buku tabungan untuk selanjutnya dilakukan proses pencairan pelayanan satu pintu di masing-masing kecamatan," katanya, di gedung Hakka Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (22/3/2019).

Danrem menjelaskan, setelah dilakukan pencairan dana bantuan stimulan, kemudian dana tersebut langsung diserahkan oleh Pokmas kepada Aplikator sebagai pihak ketiga untuk penyiapan material dan selanjutnya dilakukan perbaikan dan pembangunan rumah sesuai dengan pilihan korban dimasing-masing Pokmas.

Selain itu, kata Danrem, pihaknya bersama BPBD dan Dinas Perkim da instansi terkait membuat fakta integritas dengan para Aplikator yag melibatkan LPJK selaku lembaga pengembangan jasa konstruksi.

Usai memberikan paparan terkait penanganan gempa NTB dari Danrem 162/WB, kemudian Presiden RI Jokowi dan rombongan kemudian menuju Masjid Nurul Yaqin Bertais, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram untuk melaksanakan Sholat Jumat dan dilanjutkan peninjauan pembagunan Huntap di Desa Pengempel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES