Peristiwa Daerah

Ini Arahan Mendagri Saat Pimpin Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019

Jumat, 22 Maret 2019 - 17:42 | 50.99k
Mendagri Tjahjo Kumolo di tengah kegiatan simulasi pemungutan suara Pemilu Serentak 2019, di Kantor Kemendagri, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Mendagri Tjahjo Kumolo di tengah kegiatan simulasi pemungutan suara Pemilu Serentak 2019, di Kantor Kemendagri, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo memimpin apel dan simulasi pemungutan suara Pemilu 2019 di Halaman Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat. Dalam amanatnya, ia kembali mengingatkan posisi ASN pada penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Menurut Tjahjo, posisi ASN, baik pusat maupun daerah wajib netral. Kendati demikian, mereka diharapkan tetap mensosialisasikan tata cara menggunakan hak suara dan seruan kepada masyarakat untuk datang ke TPS, 17 April nanti.

"Jelas posisi ASN adalah netral. Netral dalam arti sebagai tokoh masyarakat. (Tapi) Anda harus menyosialisasikan cara-cara mencoblos dengan baik di lingkungan Anda di mana Anda berada," ujar Tjahjo saat pimpin apel dan simulasi pemungutan suara Pemilu 2019, Jumat (22/3/2019).

Apel dan simulasi sendiri dimulai sekira pukul 15.45 WIB dan diikuti jajaran ASN di lingkungan Kemendagri dan BNPP. Selama apel berlangsung, para ASN membacakan ikrar yang berisi pernyataan sikap untuk netral serta  mensukseskan pemilu, dipimpin langsung Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Para peserta tadi membacakan pernyataan sikap yang setiap Senin sampai 17 April akan dibaca saat upacara. Saya mengulang kembali, mencari kembali, mencari waktu untuk apel dan gerak jalan 7.000 staf Kemendagri," ucap dia.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu juga minta jajaran ASN yang telah mengikuti simulasi pemungutan suara untuk mensosialisasikan cara mencoblos kepada masyarakat di lingkungan masing-masing.

"Saya minta ASN untuk ikut sosialisasikan cara mencoblos kepada keluarga dan masyarakat di lingkungan masing-masing, kemudian mengajak mereka untuk hadir di tempat pemungutan suara memaksimalkan hak pilih," tuturnya.

Tjahjo lalu mengungkapkan, bahwa kunci sukses Pemilu adalah meningkatnya partisipasi masyarakat yang melebihi target KPU, sembari mengingatkan ASN untuk gencar memerangi racun demokrasi.

"Ingatkan hindari  racun demokrasi, politik uang, kampanye ujaran kebencian, fitnah hoaks. Tugas kita mengingatkan." tandas Mendagri RI Tjahjo Kumolo dalam apel dan simulasi pemungutan suara Pemilu 2019(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES