Politik Jokowi-Makruf Amin

Tanggapi Survei Indo Barometer, KH Ma'ruf Amin: Semua Survei Dicermati

Kamis, 21 Maret 2019 - 23:33 | 175.96k
Cawapres nomor urut 01, Kiai Ma'ruf Amin di Kalimantan Timur. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Cawapres nomor urut 01, Kiai Ma'ruf Amin di Kalimantan Timur. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cawapres pasangan 01, KH Ma'ruf Amin menanggapi rilis terbaru survei  Indo Barometer. Kendati, dalam survei tersebut duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul 21 persen atas penantang duet Prabowo-Sandi, namun ia tidak ingin merasa puas.

"Tetapi kita tentu tidak hanya menjadikan pegangan hasil survei, tetapi kita akan terus melakukan upaya-upaya peningkatan elektabilitas sampai hari akhir, sampai nanti selesai kampanye," ujar Kiai Ma'ruf di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (21/3/2019).

Diberitakan, Lembaga Indo Barometer merilis survei terkait elektabilitas pasangan capres dan cawapres di Pemilu Presiden 2019. Hasilnya, duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul atas pasangan penantang, duet Prabowo-Sandi dengan selisih 21 persen.

Survei dilakukan pada 6 sampai 12 Februari 2019 menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan sampel sebanyak 1.200 responden. Adapun margin of error sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kiai Ma'ruf mengatakan survei manapun yang dikeluarkan sejumlah lembaga survei bakal dicermati. Survei menurut mantan Rais Aam PBNU ini hanya menjadi acuan untuk terus meningkatkan suara sampai hari pencoblosan, 17 April 2019 nanti.

Mantan Rais Aam PBNU ini lalu mengungkapkan, strategi pemenangan bakal terus dilakukan, misalnya dengan menguatkan jaringan. Terutama dari tingkat tim kampanye daerah, relawan sampai komunitas di akar rumput. "Semuanya yang bisa kita gerakan, kita gerakan ke bawah," tutur dia.

Kiai Ma'ruf berharap semua unsur pendukung duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin menyampaikan program dan keunggulan dari kubu petahana. Sembari meyakinkan masyarakat bahwa hoaks dan fitnah yang kerap menyerang pasangan 01, adalah tidak benar.

"Ini yang penting disampaikan kepada masyarakat," tandas KH Ma'ruf Amin saat menanggapi survei Indo Barometer. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES