Politik Jokowi-Makruf Amin

KH Ma'ruf Amin: Islam Wasathiyah Bisa Selesaikan Persoalan Kebangsaan

Kamis, 21 Maret 2019 - 22:55 | 36.85k
Cawapres nomor urut 01, Kiai Ma'ruf Amin di Kalimantan Timur. (FOTO: Monang Sinaga for TIMES Indonesia)
Cawapres nomor urut 01, Kiai Ma'ruf Amin di Kalimantan Timur. (FOTO: Monang Sinaga for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cawapres KH Ma'ruf Amin menyatakan, Islam Wasathiyah (Islam moderat) bisa menyelesaikan persoalan kebangsaan. Sebab, ini mengajarkan umat agar tidak berpikir tekstual dan tidak juga liberal, tapi berpikir moderat. 

"Islam Wasathiyah adalah Islam yang berpikir tidak tekstual, tidak liberal. Kemudian bisa menyelesaikan persoalan-persoalan kebangsaan," ujar Kiai Ma'ruf saat menjadi Pembicara Kunci dalam Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (21/3/2019).

Menurut dia, Islam Wasathiyah tidak mengajarkan menggunakan cara-cara kekerasan dalam menyelesaikan persoalan. "Jangan kita misalnya untuk menyampaikan keinginan pun melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dengan cara kekerasan," ucapnya. 

Saat aktif menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kiai Ma'ruf juga kerap menggaungkan Islam Wasathiyah ini. Karena, Islam Wasathiyah juga tidak mengajarkan umat untuk menggunakan cara-cata yang tidak terpuji dalam mewujudkan keinginannya. 

"Menggunakan cara-cara yang tidak terpuji, seperti hoaks dan fitnah itu tidak sesuai dengan prinsip Islam Wasathiyah," ungkap mantan Rais Aam PBNU ini. 

Karena itu, dia pun mengajak kepada seluruh umat Islam untuk kembali kepada Islam Wasathiyah, ajaran Islam yang rahmatan lil alamin. "Jangan sampai kita bertindak hal-hal, termasuk hoaks dan fitnah. Itu berbahaya dan itu merusak, dan bisa menimbulkan konflik yang tidak perlu," tandas Cawapres KH Ma'ruf Amin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES