Peristiwa Daerah

Franz Magnis: Politik Indonesia Saat Ini Lemah secara Etika 

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:13 | 43.98k
Ahli Filsafat Sekaligus Pengamat Sosial, Prof Dr Franz Magnis Suseno SJ. (FOTO: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)
Ahli Filsafat Sekaligus Pengamat Sosial, Prof Dr Franz Magnis Suseno SJ. (FOTO: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ahli Filsafat Sekaligus Pengamat Sosial, Prof Dr Franz Magnis Suseno SJ menilai suasana politik Indonesia saat ini dalam keadaan lemah secara etika. Mengingat selalu terjadi pemaknaan pengunaan hoaks, kampanye hitam di dalamnya sebagai suatu hal yang biasa dilakukan.

Menurutnya, tidak ada yang lebih mengerikan ketika suatu negara pelaksanaan demokrasi nya diwarnai dengan perang kampanye hitam. Karena fenomena demikian dapat menciptakan perpecahan di lingkungan masyarakat

"Demokrasi kita saat ini dalam keadaan terancam. Contoh, disaat pelaksanaan hoaks dan kampanye hitam seolah-olah sudah menjadi fenomena liar di dalam kehidupan demokratis kita. Padahal, kita dituntut menjalankannya dengan penuh kegembiraan," kata Prof Dr Franz Magnis Suseno saat mengisi diskusi di Gedung Graha Oikoumene Salemba Lantai 4, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Rohaniawan Katolik dan budayawan Indonesia ini menyoroti beberapa kasus akhir-akhir ini yang ditemukan nya politik yang kian banyak memakan korban. Diantaranya rasisme sesama warga negara hanya karena perbedaan pilihan politik.

Franz Magnis Suseno berharap keadaan demokrasi yang ternodai oleh sikap fanatisme kelompok  ini segera menjadi lebih baik. Agar siapapun yang ditakdirkan presiden masyarakat bisa menerima apa adanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES