Peristiwa Daerah

Agung Wicaksono Optimistis Bus Listrik Akan Beroperasi 100 Persen di Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:02 | 51.82k
Dirut PT TransJakarta Agung Wicaksono (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Dirut PT TransJakarta Agung Wicaksono (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Utama (Dirut) PT TransJakarta Agung Wicaksono sampaikan rasa optimistisnya terhadap peran Bus Listrik dalam moda transportasi massa berbahan bakar listrik akan dapat beroperasi 100 persen di Indonesia, terlebih bagi alat transportasi perkotaan. 

Rasa optimisnya tersebut disampaikan Agung saat dirinya menandatangani nota kesepahaman MoU uji coba bus listrik.

"Sebagai contoh ada kota di Shencen (Cina) yang 100 persen bus listrik semua, 16000 unit itu semua bisa listrik semua, itu bisa," ucap Agung kepada wartawan saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Namun, tanpa menghilangkan rasa optimismenya. Agung menjelaskan bahwa secara perlahan bus listrik ini akan diuji secara kompetensi maupun penetapan regulasi keberadaannya. 

Sebab, bus listrik ini akan menjadi yang pertama kalinya beroperasi sebagai transportasi umum. Terlebih persiapan kematangan secara menyeluruh dari puhak penyedia dan pemerintah.

"Prosesnya cukup panjang, jadi tidak bisa semata-semata semuanya akan listrik. Secara jangka panjang kita punya cita-cita demikian, tapi tentu secara bertahap kita harus melihat kesiapan dari industrinya, kesiapan dari peralihan teknologinya," jelasnya. 

Untuk diketahui, spesifikasi Bus Listrik ini memiliki kapasitas 24 kursi penumpang, 4 kursi prioritas disabilitas, ibu hamil, lansia. Bus listrik secara keseluruhan dapat menampung 60 penumpang dalan setiap operasionalnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES