Peristiwa Nasional

Kemenkominfo RI Targetkan Palapa Ring Timur Selesai Pertengahan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 16:04 | 48.70k
Ilustrasi pembangunan Palapa Ring (FOTO: Tek.id)
Ilustrasi pembangunan Palapa Ring (FOTO: Tek.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKemenkominfo RI (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI) menargetkan konstruksi Palapa Ring Timur akan diselesaikan pada pertengahan tahun 2019.

Menurut Menteri Kominfo RI Rudiantara, diharapkan pada tahun ini sudah bisa mengintegrasikan keseluruhan dari proyek Palapa Ring. 

"Karena statusnya 94 persen konstruksinya untuk Palapa Ring Timur, paling lama bulan Juni 2019 sudah diintegrasikan semuanya yang mencakup Barat, Tengah dan Timur,” kata Rudiantara di Jakarta, Rabu, (20/3/2019), dikutip dari laman resmi kominfo.go.id.

Rudiantara mengakui adanya kesulitan yang dihadapi para pekerja, khususnya di sebagian wilayah Papua dan Papua Barat. Mereka harus melewati pegunungan tinggi untuk membangun tower.

Kendati demikian, kata Rudiantara, pemerintah berkomitmen dalam proses penyelesaian proyek Palapa Ring untuk menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia melalui internet kecepatan tinggi.

Palapa Ring merupakan program strategis pemerintah melalui Kemenkominfo RI untuk mengkoneksikan 440 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36 ribu kilometer. 

Proyek strategis Kemenkominfo RI ini akan mengintegrasikan jaringan yang sudah ada dengan jaringan baru di wilayah timur Indonesia (Palapa Ring Timur).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES